Bontang

118 Calon Siswa Polri Diberangkatkan

 

BONTANG – Sebanyak 118 calon siswa (casis) anggota Polri yang dinyatakan memenuhi syarat diberangkatkan Polres Bontang ke Polda Kaltim. Di Polda Kaltim, mereka akan diseleksi melalui beberapa tahapan. Karena itu, diimbau agar para casis menjaga kondisi fisik agar tetap prima. Harapannya, peserta yang lolos tahun ini bisa lebih banyak dari tahun lalu.

Pendaftaran calon Polri resmi ditutup Sabtu 15 April 2017. Hasilnya, dari jumlah 131 yang lolos verifikasi, ternyata hanya terdapat 118 yang memenuhi syarat. Beberapa yang tidak memenuhi syarat karena berbagai alasan. Mulai dari peserta yang tidak hadir dan tidak melengkapi administrasi sehingga dianggap gugur.

Ada juga 2 casis yang domisilinya kurang dari 2 tahun, 1 casis umurnya lebih tua 4 bulan, serta casis yang tinggi badannya tidak memenuhi persyaratan.

Tiga hari berlangsung pemeriksaan adsminitrasi (rikmin) dan Sabtu (15/4) kemarin dilakukan rapat penentuan akhir, guna menetapkan siapa yang lolos awal di tingkat Sub Panda Polres Bontang. Bagi yang lolos akan dikirim ke Balikpapan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya di Tingkat Panda Polda Kaltim.

Penentuan akhir peserta dipimpin Wakil Ketua Panbanrim Sub Panda Polres Bontang Kompol Eko Alamsyah, Amd disaksikan Sekretaris Kompol Drs. Pujo Priono, Ketua Tim Rikmin bersama dua anggota dari Disdukcapil Bontang dan Disdik Kota Bontang, Ketua Tim Penerimaan, Pengawas Internal Ipda Abdul Khoiri dan Pengawas Exsternal dari LSM Bontang dan Wartawan.

Kapolres Bontang, AKBP Andy Ervyn sebagai ketua Panbanrim melalui Wakil Ketua Panbarin, Waka Polres Bontang Kompol Eko Alamsyah mengatakan semua yang sudah ditentukan memenuhi syarat harus yakin lulus dan lolos. “Usahanya cukup dua, belajar dan berlatih serta berdoa, saya memotivasi agar jangan lupa berdoa, sebab garis tangan menentukan,” jelas Eko memberikan pengarahan, Sabtu (15/4) kemarin.

Eko mengimbau jika berangkat ke Balikpapan harus menjaga kesehatan, jangan stres, dan jangan melakukan hal-hal diluar kewajaran. “Kalau tujuan ingin lulus dan lolos, maka fokuskan di situ,” tegasnya.

Sekretaris Panbarin yang juga Kabag Sumda, Kompol Pujo Priono menerangkan seluruh rangkaian seleksi penerimaan calon Akpol, Brigadir Umum, Brigadir TI dan Tamtama telah dilakukan mulai tahap verifikasi persyaratan, pemeriksaan kesehatan awal, pemeriksaan administrasi awal serta terakhir  penetapan calon.

“Siapa yang memenuhi syarat akan diberangkatkan ke Balikpapan besok (hari ini, Red.) pagi. Tahun lalu 120 orang yang berangkat yang lulus hanya 11 orang, mudah-mudahan tahun ini lebih banyak,” ungkapnya.

118 casis yang memenuhi syarat dirincikan Pujo di antaranya jenjang Akpol yang mendaftar 4 memenuhi syarat 4, Brigadir Umum yang mendaftar 114, memenuhi syarat 104, Brigadir TI yang mendaftar 5 memenuhi syarat 4, Tamtama yang mendaftar 8 memenuhi syarat 6.

Pujo mengatakan, pendaftar yang belum memenuhi syarat tahun ini agar mempersiapkan diri untuk pendaftaran tahun depan.   Sedangkan yang telah memenuhi syarat juga diminta  mempersiapkan diri segala sesuatunya. “Jaga kondisi fisik tetap prima guna mengikuti seleksi berikutnya di tingkat Polda Kaltim di Balikpapan, karena akan bersaing dengan ribuan casis dari seluruh wilayah di Kaltim,” pungkasnya.(mga)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button