Breaking News

Giliran IPA Sangsel ‘Disetrum’ PLN, Ditargetkan Juni Sudah Berjalan

SANGATTA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua kini dapat lebih bernafas lega. Pasalnya, setelah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kabo Jaya yang ‘disetrum’ listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Sangatta, kini giliran IPA Sangatta Selatan yang bakal mendapat pelayanan serupa. Ditargetkan pelayanan listrik tersebut akan mulai berjalan pada Juni 2017 mendatang.

“Mudah-Mudahan bulan depan (Juni, Red.) listrik dari PLN sudah masuk ke IPA Sangatta Selatan. Jadi, nanti sama seperti IPA Kabo Jaya tidak pakai Genset (Generator Set) lagi,” ucap Dirut PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni.

Dia menerangkan, dengan adanya pengalihan sistem menggunakan listrik PLN, tentu banyak keuntungan yang akan diperoleh PDAM. Diantaranya, dapat lebih menghemat biaya operasional. Karena tidak terlalu bergantung lagi dengan Generator Set (Genset) dalam setiap produksi.

“Biasanya beban operasional produksi banyak tersedot untuk membiayai pembelian BBM (Bahan Bakar Minyak) Genset. Seperti IPA Kabo. Nah, sekarang Genset hanya jadi cadangan jika ada gangguan suplay listrik dari PLN,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Mawar, pihaknya juga tidak perlu lebih sering dalam melakukan perawatan terhadap Genset. Karena, pemakaiannya hanya pada saat kondisi tertentu saja.

“Dengan dapat ditekannya biaya operasional dalam produksi air, maka dana yang tersedia dapat dialihkan untuk pengembangan fasilitas. Seperti menambah kapasitas produksi, membangun jaringan baru, hingga membenahi fasilitas yang sudah tua,” papar Mawar.

Sementara, untuk persiapan penyambungan listrik PLN untuk IPA Sangatta Selatan, dia mengaku, tinggal menunggu pemasangan trafo. Sebab, PLN sendiri menyatakan telah siap menyalurkan listrik yang dibutuhkan untuk IPA tersebut.

“Posisi travo nya masih dalam pemesanan instalatur. Mudah-mudahan bulan ini sudah datang dan bisa langsung dipasang,” tutupnya. (aj)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button