Breaking News

Pemkab Siapkan Program Khusus Lansia

SANGATTA – Menjadi tua dan renta merupakan fitrah hidup manusia. Namun bagaimana di masa tua memiliki jaminan hidup, hal itulah yang kerap menjadi permasalahan bagi sebagian orang. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) berencana segera membuat sebuah program khusus bagi lansia, terutama dalam mendapatkan jaminan kesehatan.

“Kami banyak mendapat masukan dari masyarakat agar pemerintah bisa membantu para Lansia. Karena, tak sedikit yang butuh bantuan. Khususnya bagaimana mendapatkan pelayanan kesehatan,” ucap Bupati Kutai Timur, Ismunandar.

Dia mengatakan, bahwa memiliki jaminan kesehatan pada hari tua merupakan keinginan semua orang, termasuk dirinya. Sehingga ide program khusus lansia ini tercetus sebagai upaya agar para lansia di Kutim mendapatkan pelayanan terbaik, khususnya pelayanan kesehatan.

“Makanya saya berpikir untuk membuatkan sebuah program khusus untuk mereka,” akunya.

Program khusus lansia ini, lanjut Ismu, nantinya akan tersistem langsung dan ditangani Dinas Sosial (Dinsos) Kutim bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Sangatta. Namun sebagai langkah awal, Pemkab Kutim akan mulai mendata para lansia yang ada di Kutim untuk dimasukkan dalam sebuah data base, termasuk dengan riwayat kesehatannya. Sehingga jika suatu saat perlu penanganan khusus di RSUD Kudungga, bisa secara cepat ditangani dan menjadi prioritas pelayanan.

“Jadi kami kumpulkan dulu datanya yang lengkap dan akurat. Semuanya harus sesuai by name by adress,” kata Ismu.

Lebih jauh, mantan Sekda Kutim itu mengatakan, layaknya anak kepada orang tua, melalui program khusus lansia ini merupakan wujud bakti dan penghormatan Pemkab Kutim kepada seluruh orang tua dan lansia di Kutai Timur. Bahkan sudah menjadi keharusan di dalam agama jika wajib berbakti dan menghormati orang tua.  (aj)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button