Breaking News

Insentif Guru Dipastikan Cair Sebelum Lebaran, Bupati Sering Terima Keluhan, Minta BPKAD Segera Proses 

SANGATTA – Sejumlah guru di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) akhirnya bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya insentif yang tertunda sejak awal tahun tersebut dipastikan Bupati Kutim Ismunandar akan cair sebelum lebaran.

Ismu pun  meminta agar Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutim segera memproses usulan pencairan-pencairan keuangan, khususnya pencairan bagi insentif guru pada Dinas Pendidikan Kutim.

“Saya minta agar proses pencairan insentif bagi guru segera diproses. Jangan ditunda-tunda lagi. Bahkan jika bisa dalam satu minggu ini dana tersebut sudah bisa dicairkan. Mengingat permasalahan ini sudah berlarut-larut beberapa minggu,” tegas Ismu, Senin (12/6), saat memimpin rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kutim.

Terlebih, dirinya juga kerap menerima pesan singkat, melalui telepon terkait aduan dan pertanyaan kapan insentif guru ini dicairkan.

“Hampir tiap hari ada yang SMS saya kapan insentif mereka cair. Padahal persetujuan sudah saya berikan. Makanya jangan ditunda-tunda lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim, Roma Malau mengakui jika usulan pencairan insentif bagi guru sudah diproses oleh BPKAD Kutim. Namun jumlah insentif yang akan dicairkan hanya untuk 6 bulan saja dan sisanya akan diusulkan kembali pada APBD perubahan tahun ini.

Besaran dana insentif yang akan dicairkan tersebut sekitar hanya Rp 35 miliar. Peruntukannya hanya bagi guru sekolah negeri dan swasta, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan untuk guru SMA sederajat bukan menjadi tanggungan. Karena kewenangannya sudah diambil alih provinsi Kaltim.

“Saya harap sesuai permintaan Bupati, insentif ini sudah bisa dicaikan dalam waktu dekat. Sehingga bisa digunakan oleh para guru untuk berbelanja keperluan lebaran nanti,” sebutnya. (aj)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button