Bontang

KM Queen Soya Sepi Penumpang

Kemarin, 1.266 Penumpang dan 59 Kendaraan Berlabuh

BONTANG – Keberangkatan KM Queen Soya tergolong sepi, Sabtu (17/6) kemarin. Sebanyak 1.226 tiket terjual dari total kapasitas KM Queen Soya yakni 1.600 penumpang. Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) memang sudah memprediksi jumlah penumpang tidak akan melebihi total kapasitas. Maka dari itu, Dishub berani melakukan sistem dengan membuka pintu ruang tunggu sejak pukul 10.00 Wita

Sepinya penumpang menurut Dishub, terlihat pada bagian dek paling bawah. Dek ini hanya dipenuhi oleh kendaraan yang dibawa penumpang. Total 59 kendaraan roda dua dan 22 kendaraan roda empat terangkut dalam keberangkatan kemarin.

Berdasarkan tarif tiket pun tidak diketemukan lonjakan harga yang drastis rata-rata penumpang dipasang harga Rp 380.000 sampai Rp 450.000, sedangkan penumpang yang membawa kendaraan dibebani Rp 4.350.000 kategori roda empat dan Rp 435.000 sampai Rp 485.000 bagi kategori roda dua tergantung tipe kendaraan.

Kasi Sarana dan Prasarana Perhubungan Laut Welly Zakius mengatakan, keberangkatan dipastikan berjalan dengan lancar dan tertib. Tidak ada antrean panjang seperti arus mudik pada perjalanan KM Binaiya beberapa waktu lalu.

Nantinya, Dishub akan ada melakukan perubahan sistem keberangkatan KM Queen Soya pada Jumat (23/6) nanti.

“Prediksi kami puncak arus mudik di pelabuhan Loktuan akan terjadi pada Jumat depan. Pihak Dishub akan menutup pagar ruang tunggu terlebih dahulu untuk mengecek total tiket yang terjual, apakah masih di bawah total maksimal penumpang,” ujarnya.

Sebagai langkah pengantisipasian dari Dishub akan melakukan rapat dengan PT Pelindo IV terkait keberangkatan terakhir pada arus mudik tahun ini. Dalam rapat tersebut juga menentukan bagaimana teknis nanti jikalau overload penumpang.

“Penumpang pasti tidak mau tahu jikalau terjadi kelebihan muatan, apalagi status penumpang sudah di dalam dek kapal dengan memegang tiket. Hal semacam itulah yang akan kami antisipasi,” tukasnya. (*/ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button