Kaltim

​Membara di Sepinggan 

BALIKPAPAN – Suasana Idulfitri di Balikpapan diwarnai peristiwa memilukan. Rabu (28/6) malam setidaknya delapan rumah hangus dilalap api. Lokasi kebakaran berada di kawasan Sepinggan, Balikpapan Selatan. Peristiwa pertama kali dilaporkan sekira pukul 19.35 Wita di RT 22 Gang Sumber Sari, seberang Puskesmas Sepinggan. 
Hingga tadi malam, belum diketahui penyebab kebakaran. “Laporan kami api berasal dari rumah nomor 69. Belum diketahui sumber api. Kemudian menyebar dan menghanguskan delapan rumah lainnya. Saat ini petugas pemadam dibantu yang berada di lokasi telah berhasil melakukan upaya pemadaman dan saat ini tengah dilakukan pendinginan,” terang Kasi Operasi Basarnas Balikpapan Octavianto. 
Sementara itu, dari lokasi kebakaran, sekira pukul 20.00 Wita warga secara bergotong royong membantu memadamkan api. Namun akibat angin yang cukup kencang dan material bangunan terbuat dari kayu, api cepat menyebar. Apalagi lokasi kebakaran padat penduduk sehingga penyebaran api tidak dapat dikendalikan. 
“Warga menggunakan alat seadanya untuk membantu memadamkan api. Kemudian tidak lama datang bantuan dari pemadam kebakaran,” ucap seorang warga yang ikut membantu memadamkan api. 
Terpisah, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang turun ke lokasi kebakaran meminta masyarakat tetap waspada. Memperhatikan segala sesuatu yang bisa berpotensi menyebabkan kebakaran. “Prihatin. Ini masih kami data. Nanti dari kelurahan akan membantu. Kalau kompensasi ada dana tanggap darurat. Tetapi masih dilihat dulu. Kemungkinan akan dibantu soal sewa rumah dan makanan,” ujar Rizal. Akibat kebakaran, listrik di sekitar lokasi dipadamkan. (*/rdh/riz)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button