Breaking News

Pemerintah Akan Lakukan Revitalisasi Pertanian 

Pengembangan Peternakan Jadi Peluang Usaha

SANGATTA – Sektor peternakan, khususnya ternak sapi, kambing hingga ayam merupakan peluang wirausaha yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan di Kutim, khususnya dalam mendukung program revitalisasi pertanian. Hal ini juga untuk mendorong sektor perekonomian agar maju dan berkembang secara merata.

Bupati Ismunandar mengatakan, peternakan merupakan usaha alternatif yang dapat dikembangkan menjadi usaha pokok koperasi atau usaha kecil dan menengah (UKM). Sebab, kebutuhan daging sapi, kambing dan ayam di Kutim, bahkan Kaltim terus meningkat.

“Selama ini kebutuhan daging sapi, kambing dan ayam sebagian besar untuk Kutim masih di datangkan dari luar daerah. Saya yakin usaha peternakan akan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Ismu di Ruang Kerjanya, belum lama ini.

Karena memiliki potensi ekonomi yang tinggi bagi daerah, Bupati berharap sektor perbankan dan investor bersedia bermitra dengan koperasi/UKM. Dengan cara memberikan bantuan, berupa kredit lunak atau program lainnya. Bagi koperasi dan masyarakat di setiap kecamatan, agar dapat melaksanakan peluang usaha di bidang peternakan ini.

Menurut dia, apabila koperasi dan usaha kecil disetiap daerah mampu menangkap peluang usaha tersebut, pasti kedepan dapat berkembang lebih besar. Sebab, banyaknya perusahaan atau investor yang beroperasi di Kutim tentunya juga akan memerlukan daging untuk konsumsi para karyawannya.

Sebagai gambaran, di Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng yang merupakan sentral perkebunan kelapa sawit pastilah banyak merekrut tenaga kerja. Setiap hari, pihak perusahaan memerlukan daging dan sayuran, namun sebagian masih didatangkan dari luar.

“Saya berharap peluang seperti ini ditangkap oleh koperasi dan masyarakat yang menekuni usaha kecil. Jika ada koperasi yang mampu memasok kebutuhan daging atau sayuran, saya yakin perusahaan bisa menerimanya. Karena akan membuka peluang usaha baru masyarakat sekitarnya,” papar Ismu.

Potensi ekonomi masih mungkin berkembang, apalagi di kecamatan lain usaha perkebunan terus menggeliat serta banyak menyerap tenaga kerja. Dia yakin, jika semua koperasi di tiap kecamatan mampu menangkap peluang ini, dampak yang dirasakan masyarakat terhadap kehadiran investor cukup besar. (hms11/drh)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button