Breaking News

Segera Urus KTP-El Atlit Mutasi

Capil Harap Pengurus Cabor dan KONI Kutim Ikut Bantu

SANGATTA – Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur, Januar Harlian PLA menghimbau kepada semua pengurus cabang olahraga (Cabor) di Kutai Timur yang akan mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim ke VI tahun 2018, untuk segera melakukan pengurusan domisili mutasi atlit. Itu, jika memang berencana mendatangkan atlit dari luar daerah.

“Jadi harus cepat diurus. Karena waktu pelaksanaan Porprov Kaltim ke VI hanya tinggal 14 bulan lagi,” ucap Januar.

Dia mengatakan, saat ini regulasi pencatatan kependudukan seseorang sudah berdasarkan pada asas domisili. Dimana orang tersebut tinggal atau saat ini wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Terlebih saat ini KTP Elektronik merupakan bukti identitas tunggal bagi seorang warga indonesia. Sehingga siapapun yang mengaku menjadi warga  Kutai Timur juga wajib memiliki KTP Elektronik Kutim.

“Tidak terkecuali atlit yang nantinya akan direkrut dan membawa nama Kutim,” lanjutnya.

Walaupun mengaku tidak mengetahui persis aturan yang diterapkan oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) atau Pengurus Besar (PB) Porprov Kaltim terkait mutasi atlit, namun Januar mengatakan, pastinya ada pembatasan waktu tinggal bagi atlit-atlit yang baru dimutasi. Apakah minimal wajib tinggal di Kutim satu tahun ataukah enam bulan. Namun tentunya dengan persyaratan tersebut, setiap pengurus Cabor wajib segera mengurus kepindahan dan domisili atlit tersebut ke Kutim.

“Pengurus cabor yang akan mengurus mutasi atlitnya ke Kutim, wajib menyertakan surat keterangan pindah. Mulai dari RT, Desa atau Kelurahan, Kecamatan hingga Disdukcapil daerah asal atlit tersebut untuk kemudian diajukan berpindah domisili ke Kutim. Hal ini harus segera dilakukan agar tidak menjadi pengganjal atau masalah bagi atlit pindahan tersebut nantinya yang mewakili Kutim saat akan bertanding,” papar Januar.

Lebih jauh dikatakan Janur, hingga saat ini memang sudah ada beberapa pengurus Cabor yang mengurus mutasi atlit di Disdukcapil Kutim. Seperti cabor tinju melalui pengurus Pertina (Persatuan Tinju Indonesia) Kutim.  (aj)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga

Close
Back to top button