Bontang

Dishub Setuju Kantor Dipindah ke Pelabuhan

BONTANG – Keinginan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni agar kantor Dinas Perhubungan (Dishub) berpindah ke Pelabuhan Loktuan mendapat sambutan positif oleh Dishub. Dishub melalui Kabid Perhubungan Laut dan Udara Sjafruddin mengatakan, tujuan perpindahan markas jajaran Dishub tersebut merupakan wujud pemanfaatan gedung.

Selain sebagai pemanfaatan gedung, Sjafruddin juga menjelaskan bahwa perpindahan akan lebih mengenalkan masyarakat terhadap Dishub dan pelabuhan Loktuan itu sendiri. Monitoring terhadap aktivitas pelayaran juga lebih mudah karena semua jajaran Dishub berada dalam gedung tersebut.

“Jikalau memang disuruh pindah di pelabuhan maka kami siap,” tegasnya.

Selain hal tersebut dengan pindahnya ke pelabuhan Loktuan, maka dapat mempermudah perijinan bagi perusahaan yang menggunakan pelabuhan untuk aktivitas bongkar-muat. Sehingga perusahaan tersebut tidak harus menuju ke Bontang Lestari tepatnya di Gedung Graha Taman Praja atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan gedung gabungan dinas (gadis).

“Prediksi saya pindahnya kantor Dishub sekitar awal tahun depan,” tambahnya.

Perpindahan ini tentunya membutuhkan anggaran yang tidak kecil. Kelengkapan fasilitas pelabuhan dibutuhkan dalam menunjang administrasi dan pelayanan publik.

Awal perayaan perpindahan tersebut akan dibuka dengan pagelaran expo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Bontang. Expo tersebut akan berjalan hingga 2 pekan dan dimulai sekitar tanggal 14 Oktober.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bontang akan memanfaatkan gedung pelabuhan Loktuan karena bangunan tersebut terdiri dari 2 lantai, maka Neni juga menyarankan untuk lantai 2 dimanfaatkan oleh para pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera). Jadi semua pelaku usaha yang awalnya tidak beraturan di sekitar pelabuhan akan di satu tempatkan.

“Nanti harus dikelola oleh dinas terkait supaya ada tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan agar bangunan lebih bermanfaat,” ungkapnya.

Pihaknya menilai peluang usaha di gedung Pelabuhan Umum Loktuan dan juga untuk memaksimalkan fungsi gedung tersebut. Apalagi, menurutnya, posisi gedung Pelabuhan Umum Loktuan sangat strategis untuk dijadikan semacam mall atau café, mengingat dari gedung tersebut terlihat pemandangan yang sangat indah. “Sayang kalau tidak dimanfaatkan,” ujarnya. (*/ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button