Breaking News

Bupati Ajak Warga Lakukan Germas 

Kunjungi Kaubun, Gelar Senam Massal dan Cek Kesehatan Gratis

SANGATTA- Setelah absen tak melaksanakan kunjungan kerja ke kecamatan selama beberapa pekan, ahirnya Bupati Kutim Ismunandar kembali menyapa warganya. Kali ini dalam kunjungannya, orang nomor satu di Pemkab Kutim ini turut mengajak warga Kaubun untuk menghadiri kegiatan senam massal dan cek kesehatan gratis yang masih merupakan program “Gerakan Masyarakat Sehat” (Germas), yang digelar di Desa Bumi Etam, Rabu, (2/8) kemarin.

Senam massal yang diikuti ribuan masyarakat tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Desa Bumi Etam. Sementara cek kesehatan gratis yang diprakarsai Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim diselenggarakan di Aula desa.

Bupati Kutim Ismunandar menjelaskan kepada warga Kaubun bahwa Germas merupakan gerakan masyarakat hidup sehat. Karena berbicara masyarakat artinya mencakup seluruh elemen warga. Tidak terkecuali masyarkat yang tinggai di Kecamatan Kaubun.
“Pemerintah ingin membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan, berobat atau cek kesehatan ke Puskesmas. Tadi sudah dilakukan pengobatan gratis di Aula Desa Bumi Etam. Tetapi yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan selau hidup sehat,” kata bupati.

Selanjutnya untuk menyukseskan program dimaksud, menurut Ismu dibutuhkan peran camat, TP PKK dan stakeholder lainnya. Guna memantau dan mengawasi kegiatan Puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya.

Agar program Germas terus berjalan, bupati pun meminta pelaksanaan senam massal di kecamatan diselenggarakan minimal satu bulan sekali. Karena untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan, perlu dibudayakan hal-hal positif yang tujuannya menjaga kesehatan lingkungan.

Sehingga semangat kebersamaan, persaudaraan dan silaturrahmi dapat terus terjalin melalui senam massal tersebut.

“Program Germas ini harus terus didukung dan digalakkan serta dipromosikan. Agar masyarakat mengetahui betapa pentingnya hidup sehat dan dapat terjalin komunikasi yang baik,” ujar Ismu.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.30 wita ini turut dihadiri Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Wakil Ketua DPRD Ence UR Figasih, Kepala Dinkes Provinsi Rini Retno Sukesi, Kepala Dinkes Kutim Bahrani serta beberapa pejabat lainnya. Bupati kali ini menyempatkan juga memantau pelaksanaan cek kesehatan gratis, sementara Wabup dan pejabat lainnya turut mengikuti senan massal.

Bahrani menjelaskan tantangan besar yang tengah dihadapi masyarakat saat ini adalah masalah kesehatan triple burden. Tiga masalah kesehatan tersebut adalah masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular, dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka di Kecamatan Kabun dipilih menjadi salah satu daerah untuk program pencanangan Germas.
“Saat ini lagi ngetren (mutakhir) penyakit tidak menular seperti stroke, gagal ginjal, tekanan darah tinggi, kencing manis (diabetes), jantung dan lainnya,” jelas Bahrani.

Dia menambahkan, timbulnya berbagai penyakit yang harusnya bisa dicegah tersebut antara lain dikarenakan adanya pola hidup tidak sehat dan pola makan yang tak teratur. Banyak mengkonsumsi makanan yang asin dan manis, menghirup dan menghisap asap rokok serta terjadinya penimbunan lemak pada tubuh.

“Maka dari itu masyarakat disarankan melakukan cek kesehatan secara berkala. Enyahkan asap rokok, rajin berolahraga, pola makan seimbang. Istirahat yang cukup, mengelola stress dengan beribadah dan rekreasi positif,” tutupnya. (hms8/ver)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button