Bontang

Pengurus DPD Ikapakarti Dikukuhkan

Kental Nuansa Jawa, Komitmen Lestarikan Budaya Jawa

BONTANG – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Ikatan Keluarga Paguyuban Tanah Jawi (Ikapakarti) Bontang masa bakti 2017-2021 resmi dikukuhkan. Prosesi pelantikan digelar di lapangan MTQ Jalan HM Parikesit, Bontang Baru, Jumat (18/8) malam tadi.

Pelantikan yang kental dengan nuansa Jawa itu dihadiri Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Artahnan Saidi, Ketua DPRD Bontang Nursalam, Dandim 0908/BTG Letkol Arh Gunawan Wibisono.

Sebelum acara pengukuhan, terlebih dahulu tampil beberapa kesenian khas Jawa seperti kesenian arak-arakan Reog Ponorogo, Tari Banyuwangi, dan adegan Perang Kembang Cakil dan Srikandi. Semuanya diiringi live musik Jawa dengan dua gamelan dari gamelan wayang dan gamelan Banyuwangi.

Dilanjutkan prosesi pelantikan yang diawali dengan pembacaan sumpah oleh nahkoda DPD Ikapakarti Bontang terpilih Dasuki. Berikutnya prosesi pengukuhan serta pembacaan ikrar yang dipimpin Ketua Umum DPP Ikapakarti yang juga Sekertaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, Rusmadi Wongso.

Dalam sambutannya, Dasuki mengungkapkan, dirinya siap untuk menjalankan amanah sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta siap memajukan Ikapakarti sebaga rumah besar berkumpulnya orang-orang Jawa di Bontang. Dirinya juga bertekat untuk membawa Ikapakarti dalam menjaga tradisi-tradisi warga Jawa di perantauan.

“Ikapakarti juga juga berkomitmen untuk mendukung visi misi Pemkot Bontang utamanya peningkatan sektor kepariwisataan berbasis budaya,” ujarnya.

Dirinya berharap, ke depan Ikapakarti Bontang dapat menjadi perekat antar seluruh paguyuban sehingga terciptanya masyarakat Bontang yang guyub rukun, aman, dan damai demi kelangsungan pembangunan di Bontang.

Sementara, Rusmadi turut mengucapkan selamat kepada pengurus DPD Ikapakarti Bontang yang baru dilantik. Apalagi masih dalam momen 17 Agustus, Rusmadi berharap semangat juang kemerdekaan dapat membangkitkan motivasi pengurus dalam menjalankan amanahnya.

“Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang menjadi perekat organisasi kedaerahan tanah Jawa dan telah berdiri selama 13 tahun, Ikapakarti hadir untuk membantu pemerintah dalam bidang pembangunan yang lebih baik,” katanya.

Rusmadi memaparkan, ada 3 program utama Ikapakarti dalam menjalankan fungsinya di masyarakat. Yaitu memberikan perhatian dan kesejahteraan masyarakat di Kaltim khususnya Bontang, memberikan bantuan dan perlindungan hukum bagi masyarakat Jawa, serta memelihara dan mengembangkan seni budaya Jawa yang merupakan bagian dari kebudayaan nusantara.

“Saya mengapresiasi kepada seluruh warga Jawa di Bontang karena telah mengemas acara pengukuhan pengurus DPD Ikapakarti ini dengan apik. Dari kabupaten/kota yang lain, pengemasan acara di Bontang merupakan yang terbaik,” pujinya.

Sementara itu, Neni sangat mengapresiasi program-program yang telah disusun oleh pengurus Ikapakarti Bontang, utamanya dalam hal dukungan terhadap visi misi Pemkot Bontang.

“Saya akui, Bontang bisa seperti ini juga tidak lepas dari peran orang-orang Jawa di Bontang,” tukasnya.

Rencananya, Sabtu (19/8) malam ini kegiatan pengukuhan ini juga dirangkai dengan gelaran wayang kulit semalam suntuk di lokasi yang sama.

Lakon “Cekel Indroloyo” yang dibawakan dalang Ki Heri Guntoro dari Kediri, Jawa Timur akan semakin memeriahkan suasana.

Selain itu, para penonton juga akan dihibur oleh Suliah, bintang tamu dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.  (bbg)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button