Breaking News

Tidak Ada Anggaran Pemilu Ulang di Pilgub Kaltim 2018

KETERBATASAN APBD Kaltim memaksa Komisi Pemilihan Umum (KPU) ikut berhemat pembiayaan pada anggaran penyelenggaraan Pilgub Kaltim 2018. Salah satunya yakni dengan tidak dialokasinya anggaran bagi pelaksanaan pemilihan ulang.

Sekretaris KPU Kaltim Syarifuddin Rusdi beralasan, ketiadaan dana taktis tersebut karena sebelumnya pemerintah provinsi (pemprov) telah berjanji akan membantu pembiayaan jika memang ada pemilihan ulang di pilgub.

Kesepakatan itu bahkan telah dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) antara KPU dan Pemprov Kaltim. Hal itu dilakukan sebelum ditetapkannya alokasi anggaran pilgub sebesar Rp 310 miliar.

“KPU tidak ada menganggarkan alokasi dana untuk pemilihan ulang,” sebut Rusdi saat ditemui Metro Samarinda di ruang kerjanya, Senin (28/8) kemarin.

Selain itu, pemprov telah mengiyakan bila ada masalah teknis lain terkait pilgub yang muncul belakangan, maka akan jadi tanggungan pemerintah. Terutama yang berkenaan dengan pembiayaannya.

“Bila memang masih ada pemilihan ulang, atau permasalahan lain yang berkenaan dengan pilgub, maka Pemprov Kaltim lah yang menanggung segala pembiayaannya,” tegasnya.

Dia meminta supaya semua panitia pemilihan kecamatan (PKK), panitia pemungutan suara (PPS), dan kelompok kerja (pokja) dapat bekerja maksimal, serta profesional. Supaya penyelenggaraan Pilgub Kaltim 2018 bisa berjalan lancar dan tanpa ada hambatan yang berarti.

“Saya sendiri cukup percaya kalau di pilgub kali tidak akan ada masalah yang membuat pilgub sampai harus diselenggarakan ulang. Saya berharap masyarakat bisa mendukung hal itu,” akunnya.

Selain itu, yang sedikit bisa membuat KPU bernapas lega karena Pemprov Kaltim menyediakan alokasi bagi desk pemilu. Nilainya berkisar diangka Rp 15 miliar. Dana itu akan digunakan jika ada permasalahan pemilu. Dari dana itu, masing-masing KPU akan mendapatkan sekitar Rp 1 miliar.

“Setiap KPU kabupaten/kota kami minta, bila memang ada masalah yang berkenaan dengan pemilu, maka harus langsung dikoordinasikan. Agar bisa langsung dipecahkan permasalahannya,” serunya. (drh)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button