Bontang

Galang Keamanan, Gelar Lomba Poskamling

Lima Aspek Penilaian, Poin Tertinggi Tentang Jadwal Jaga

BONTANG – Untuk keaktifan penggalangan sistem keamanan lingkungan, Kecamatan Bontang Selatan mengadakan lomba poskamling antar kelurahan. Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Dyah Rachmawati mengungkapkan, kegiatan ini memiliki dampak positif agar angka kriminalitas dapat ditekan.

“Inti acara ini ialah peningkatan tingkat keamanan, sehingga memacu daerah-daerah lain yang belum tanggap akan hal tersebut,” ujarnya.

Keenam kelurahan yakni Bontang Lestari, Satimpo, Tanjung Laut, Tanjung Laut Indah, Berbas Pantai, dan Berebas Tengah mendapat giliran penilaian pada Selasa (29/8). Adapun tim penilai diambil dari tiga instansi meliputi kepolisian dalam hal ini Polsek Bontang Selatan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Terdapat lima aspek penilaian dari perlombaan ini, yaitu struktur bangunan, kelengkapan administrasi misalnya ada atau tidaknya buku tamu dan buku kejadian, kelengkapan perlengkapan keamanan baik itu pentungan atau kentungan, hubungan dengan satuan keamanan terkait keaktifan operasional, serta standar operasional perlakuan kejadian. Bentuk penilaiannya berupa kategori ideal atau tidak yang termuat dalam jumlah skor, apabila di bawah nilai 50 maka masuk kategori tidak ideal.

“Poin tertinggi yakni ada tidaknya jadwal jaga,” ungkapnya.

Terpisah, Wakapolsek Bontang Selatan, Iptu Jon Sitorus mengatakan, lomba ini memiliki dampak yang positif sebagai faktor penggerak kepedulian masyarakat terhadap keamanan lingkungan. Ia berharap agar gerakan mengawasi keamanan dan ketertiban di daerahnya dapat ditingkatkan.

“Mohon agar mengaktifkan pos kamling yang ada di wilayahnya masing-masing terkait keamanan dan ketertiban, baik pakai warga sendiri secara bergiliran atau pakai tenaga yang diberi upah,” harapnya.

Kegiatan ronda di pos kamling diakuinya membantu peran dari kepolisian. Selama ini, penjaga pos kamling selalu memberikan informasi terhadap keadaan daerahnya.

“Sangat sekali kalau ada kejadian selalu menginfokan kepada Bhabinkamtibmas, dari Bhabinkamtibmas kepada Polsek Bontang Selatan,” tandasnya.

Uniknya, dalam proses penilaian, Camat Bontang Selatan, Asdar Ibrahim berkeliling menggunakan sepeda motor miliknya. Hal ini dikarenakan lokasi pos kamling yang terletak di pemukiman yang padat, sehingga dengan kendaraan roda dua dapat mempercepat mobilitas.

Warga sangat antusias dalam perlombaan ini, mereka rela menunggu kedatangan tim penilai hingga malam hari, sehubungan proses kunjungan dimulai pukul 20.00 Wita. Hasil dari perlombaan ini akan diumumkan beberapa hari kemudian. (*/ak)

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button