Breaking News

Mantap! Lima Agama Gelorakan Semangat Hidup Rukun

TIMIKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika memusatkan perayaan malam pergantian tahun 2016 ke 2017 di lapangan Timika Indah, Timika, Sabtu (31/12). Pesta rakyat ini diisi doa berantai oleh lima pemuka/perwakilan agama di Mimika.

Memasuki detik-detik 01 Januari 2017, lima perwakilan agama yakni Katolik, Kristen, Islam, Hindu, dan Budha, memanjatkan doa, serta harapan di tahun yang baru dan syukur atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa atas penyertaan-Nya sepanjang tahun 2016.

Para pemuka agama berdoa agar Mimika di tahun 2017 senantiasa dalam suasana kedamaian, kerukunan, persaudaraan, serta jauh dari segala bentuk perpecahan. Sebagaimana visi dan misi Kabupaten Mimika yang aman, damai dan sejahtera.

“Semoga semangat kerukunan, persaudaraan, dan cinta kasih antar sesama sebagai rakyat Mimika, dapat terus terpelihara,” kata perwakilan agama Katolik, Paul Weti, dalam doanya.

Senada dengan harapan Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Ausilius You, berharap agar kebersamaan dan kekeluargaan masyarakat Mimika dapat terjalin makin kokoh. Menurutnya, hanya kebersamaan inilah menjadi kunci untuk meraih segala kesuksesan.

“Karena itu kita harus tetap ’eme neme yauware’ artinya harus tetap bersatu, bersaudara dan pada akhirnya membangun,” tutur Ausilius You.

Mantan Penjabat Bupati Mimika yang telah dinobatkan sebagai Bapak Toleransi ini, memohon maaf atas segala kekurangan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sepanjang 2016.

“Namun kita dari segala suku, adat, agama, dan berbagai latar belakang yang berbeda, harus tetap bersaudara. Jika ada selisih paham, hendaklah itu ditinggalkan,” katanya.

Sementara Kapolres Mimika, AKBP Victor D Mackbon, mengapresiasi masyarakat Mimika yang telah menjaga stabilitas keamanan sepanjang pelaksanaan hari raya 2016. Dia berharap, kedamaian serta hidup rukun semakin kokoh melalui hidup persaudaraan.

“Kami harap semangat ‘eme neme yauware’ (bersatu, bersaudara, membangun) dapat ditingkatkan lagi,” ujar Kapolres kelahiran Biak Numfor ini.

Sedangkan Wakil Komandan Yonif 754/ENK, Mayor (Inf) Gunawan, mengatakan masyarakat Mimika memang harus lebih aman, damai, dan sejahtera, karena tanpa masyarakat TNI tidak dapat berbuat apa-apa.

Acara malam pergantian tahun ini juga dihadiri Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Mimika, Drs Ignatius Robert Adii, Asisten III Bidang Setda Mimika, Lopianus Fuakubun, Asisten IV Setda Mimika, Alfred Dow, Kepala Bagian Umum Setda Mimika, Petronela Adelce Uamang, dan Ketua DPD KNPI Mimika, Robbi Kamaniel Omaleng.

Tepat pukul 00.00 WIT tandanya sudah memasuki tahun baru 01 Januari 2017, Sekda You bersama pimpinan TNI/Polri, tokoh agama, dan ribuan masyarakat di lapangan Timika Indah, bersama-sama menyalahkan kembang api.

Setelah perayaan malam pergantian tahun, sejumlah jalan protokol di Kota Timika sempat macet dipadati warga yang bersuka cita menyambut tahun baru 2017. Perayaan sekali setahun ini cukup menyita perhatian warga.

Aparat keamanan gabungan TNI dan Polri melakukan pengamanan dan pengaturan kendaraan di sejumlah titik. Terutama di bundaran Tugu Perdamaian Timika Indah, sebagai pusat titik massa merayakan malam pergantian tahun.

Kapolres Victor Mackbon mengatakan, pihaknya melibatkan jajaran TNI dan Brigade Mobil (Brimob) untuk melakukan pengamanan malam pergantian tahun. Sekitar 500an personil gabungan diterjunkan untuk mengawal pelaksanaan pesta rakyat ini.

“Kami juga tetap menempatkan personil melakukan pengamanan di sejumlah tempat ibadah yang melaksanakan ibadah kunci tahun,” katanya.(mix)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button