Isi Jabatan yang Kosong, Tiga Bulan Ada Pelantikan Lagi

SANGATTA – Meski sudah melakukan perombakan besar-besaran terhadap pejabat yang menduduki kursi jabatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) memberikan isyarat dalam tiga bulan ke depan akan kembali melakukan pelantikan. Menyusul masih adanya beberapa kursi jabatan yang kosong dan sementara hanya diisi Pelaksana Tugas (Plt). Selain itu, pelantikan tersebut juga berkaitan dengan adanya beberapa pejabat yang akan pensiun, sehingga kursi jabatan yang ditinggalkan dipastikan akan kosong.

“Nanti akan diadakan seleksi untuk mengisi posisi Plt itu. Jadi sementara ada Plt dulu, nanti akan kami bentuk Timsel (Tim seleksi). Mungkin tiga bulan ada pelantikan lagi, setelah timsel bekerja. Jadi akan berubah lagi,” sebut Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Irawansyah.

Meskipun kembali dilakukan pelantikan, namun dia memastikan hal tersebut bukan mutasi. Akan tetapi hanya mengisi posisi jabatan yang kosong.

“Yah tapi tidak terlalu banyak. Termasuk juga UPTD (Unit Pelaksana Tugas Dinas) di kecamatan juga belum,” sebutnya.

Terkait dengan pejabat yang tidak memiliki jabatan atau non-job, Irawansyah mengaku, memang ada. Khususnya pejabat yang Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) telah dilebur dan dihilingkan. Namun, kondisi tersebut sifatnya hanya sementara sambil menunggu pejabat yang pensiun.

“Sementara kita tunggu dulu. Nanti sekitar Maret ada sekitar 30 sampai 40 orang yang pensiun. Sedangkan OPD yang berkurang sekitar 83 strukturalnya. Jadi ada yang bertahan nunggu dulu. Tapi, semua akan kami carikan, tapi secara bertahap. Jadi menunggu dulu,” kata Irawansyah.

Sebelumnya, sebanyak 1.250 pejabat mulai esselon II hingga IV, Jumat (6/1) lalu mengikuti prosesi pelantikan yang digelar di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi. Banyaknya jumlah pejabat yang dilantik membuat proses dilakukan dua tahap. Tahap pertama untuk mengisi posisi jabatan Asisten, Kepala Satauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Sekretris, Kepala Bagian, Kepala Bidang, hingga Kepala Seksi. Sementara tahap kedua untuk melantik Camat beserta perangkatnya. (aj)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept