oleh

Langkah ‘Cerdas’ Trudeau Rangkul Trump

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan ambil bagian dalam acara diskusi yang membahas mengenai perempuan dalam lingkup ketenagakerjaan.

Dalam pertemuan langsung pertama antara kedua pemimpin pemerintahan ini, juga diperkirakan akan disinggung agenda perdagangan. Seperti diberitakan AP, Senin WIB (13/2/2017) pertemuan ini akan berlangsung pada Selasa WIB (14/2/2017).

Baik pihak Gedung Putih, maupun perwakilan Pemerintah Kanada menyebutkan, kedua negara berencana meluncurkan sebuah unit kerja baru. Unit kerja itu dinamai, the United States Canada Council for the Advancement of Women Business Leaders-Female Entrepreneurs.

Ivanka Trump, putri Presiden Trump yang telah menjadi pegiat dalam isu perempuan bekerja, dikabarkan juga terlibat dalam memilih peserta dan merancang acara dalam acara diskusi itu. Sejumlah perempuan eksekutif dari AS dan Kanada dikabarkan akan hadir dalam acara ini.

Langkah cerdas Trudeau

Upaya Pemerintah Trudeau untuk membangun kedekatan dengan Trump dan putrinya diperkirakan bakal mampu meredakan sejumlah kekhawatiran warga Kanada. Kekhawatiran itu adalah tentang kemungkinan Trump melakukan langkah protektif di bidang ekonomi yang bisa merugikan warga Kanada.

Kedekatan itu pun mengurangi kekhawatiran bahwa Trump akan berlaku keras terhadap Trudeau, seperti kepada pemimpin Meksiko dan Australia. Pemerintah Kanada pula lah yang dikabarkan menggagas unit kerja baru itu.

Trudeau sendiri mempertimbangkan isu wanita pekerja sebagai bagian penting dalam agenda dan rencana pertumbuhan ekonomi Kanada. “Ini merupakan langkah yang cerdas, jika benar Kanada yang mengajukan itu,” ungkap Nelson Wiseman, seorang profesor dari Universitas Toronto.

“Ini mengalihkan isu penghapusan NAFTA (North American Free Trade Agreement) . Juga, dari pandangan tentang Trump, ide ini bisa memperhalus citra Trump yang dikenal bermasalah dengan perempuan,” kata dia.

Bagikan berita ini!