Breaking News

Biar Tak Langgar Aturan, Kades Ikut Pembekalan 

SANGATTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kutai Timur (Kutim) memberikan pembekalan kepada 77 Kepala Desa (Kades) terpilih selama dua hari, pada Rabu (15/2) dan Kamis (16/2) kemarin.

Dikatakan Kepala Dinas BPMD, Kutim Saifuddin, selain pembekalan, peserta juga melakukan geladi bersih. Dalam pembekalan tersebut, Kades diberikan beberapa materi tentang umum dan hukum. Diantaranya, pemateri dari Dandim 0909 Sangatta, Danlanal Sangatta, Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda), Bagian Hukum, Kejaksaan Negeri (Kejari), Inspektorat Wilayah (Itwil), Dinas Perkebunan (Disbun) dan BPMD.

“Agar mengerti tugas dan fungsinya, maka kami berikan pembekalan selama dua hari. Sehingga, mereka (kades,red) sebelum terjun ke lapangan mengerti semuanya. Karena jangan sampai, salah dalam melangkah,” katanya.

Pelantikan seluruh Kades rencananya akan dilaksanakan di Ruang Meranti Kantor Bupati, Jumat (17/2) hari ini. Dalam pelantikan tersebut, akan dikawal ratusan aparat kepolisian. Dengan tujuan, pada saat pelantikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Seluruh Kades juga tidak dibenarkan untuk membawa kendaraan sendiri. Akan tetapi, diangkut oleh bus. Ada empat bus yang mengangkut  kades dan istrinya,” katanya.

Disinggung masalah kesiapan pelantikan, dirinya mengaku sudah 100 persen. Baik kesiapan Kades terpilih, pakaian dan lainnya. “Jadi tinggal pelantikan saja lagi. Semuanya sudah oke dan tidak ada masalah,” katanya.

Sementara itu, salah seorang Kades dari Desa Kaliorang, Suprianto, mengaku siap dengan pelantikan tersebut. “Kami sudah sangat siap. Dan Alhamdulillah, saya sangat senang,” katanya. (dy)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button