Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Feature

Tata Krama dan Kekeluargaan dalam Pelayanan Warga

 

Kisah Inspiratif Warga Bontang: Sarifuddin T (168)

Menjadi aparat pemerintahan merupakan cita-cita Sarifuddin. Berkali-kali gagal dalam seleksi masuk PNS bukan lantas membuatnya putus asa. Buktinya kini dia menjabat Lurah Tanjung Laut dan membawa salah satu kelurahan tertua di Bontang ini berprestasi tingkat provinsi.

LUKMAN MAULANA, Bontang

Sarifuddin memiliki keinginan mengabdi pada masyarakat dengan menjadi aparat pemerintah. Karenanya dia mengambil program studi Ilmu Pemerintahan saat kuliah di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan lulus 1989. Namun begitu keinginannya untuk segera mengabdi di pemerintahan mesti tertunda cukup lama. Pasalnya dia beberapa kali gagal dalam seleksi PNS di provinsi.

“Karena gagal itulah saya lantas menjadi kontraktor usaha pengadaan bahan pokok untuk perusahaan-perusahaan di Bontang. Awalnya saya bantu kakak, tapi kemudian buka usaha sendiri,” kisah Sarifuddin saat ditemui Bontang Post di ruangannya, Jumat (17/2) kemarin.

Sebagai kontraktor, Sarifuddin sempat dipercaya sebagai supplier bahan-bahan pokok untuk Badak LNG dan Indominco Mandiri. Sayangnya, kekurangan modal membuat usahanya tak berjalan baik. Usahanya itu lantas diserahkannya pada sang kakak, sementara Sarifuddin bekerja sebagai tenaga kontrak di Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim.

“Tahun 1997 saya menjadi tenaga kontrak di Dinas Pendidikan Kaltim sebagai staf pendidikan luar sekolah. Saat itu saya ditempatkan di Bontang,” kenangnya.

Saat otonomi daerah di tahun 2001, Sarifuddin mengikuti seleksi PNS jalur umum. Itu merupakan kesempatan terakhirnya untuk bisa menjadi pegawai negeri. Rupanya kali ini dia ditakdirkan lulus seleksi dan diangkat menjadi staf Dinas Pendidikan Bontang. Masih di dinas yang sama, tahun 2006 dia diangkat menjadi kepala seksi Generasi Muda dan Olahraga.

Kariernya sebagai PNS perlahan berkembang, membawanya diangkat menjadi kepala sub bagian umum dan kepegawaian di Dinas Kesehatan Bontang tahun 2010. Di tahun 2012, dia dipercaya menjadi Lurah Tanjung Laut yang dijalaninya hingga saat ini. “Waktu itu dengan perjalanan saya di beberapa dinas, saya tidak menyangka bila kemudian diangkat jadi lurah,” tutur Sarifuddin.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button