Bontang

KSM Berbas Pantai Resmi Difungsikan 

 

Dapat Bantuan Becak Motor, Berharap Ubah Perilaku Buruk Warga

BONTANG – Di momen Peringatan Hari Sampah Nasional 2017 Jumat (17/2) kemarin, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dibentuk Kelurahan Berbas Pantai resmi difungsikan. KSM ini diberi nama KSM Pantai Harapan.

Kelurahan pimpinan Rendhy Maulia itu, juga berhasil mendapatkan bantuan satu unit becak motor yang akan difungsikan sebagai penunjang KSM Pantai Harapan dalam bekerja. Bantuan satu unit becak motor ini sendiri merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DAK-KLHK) yang disalurkan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang usai KSM Pantai Harapan mempresentasikan program pengelolaan sampahnya dan dinyatakan layak.

“Kami harapkan usai KSM ini nantinya berjalan, pola perilaku warga yang sebelumnya membuang sampah ke laut bisa berubah,” ujar Lurah Rendhy kepada Bontang Post.

KSM di Berbas Pantai sendiri lanjut Rendhy, terdiri dari tiga unit di tiga RT yang semuanya berada di wilayah atas laut atau yang lebih dikenal dengan daerah prakla. RT tersebut adalah RT 16, 17, dan 18 Berbas Pantai.

Selain bertugas mengangkut dan mengolah sampah di rumah-rumah warga, KSM Pantai Harapan ini juga bertugas untuk melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana umum di wilayah Berbas pantai.

Terkait pengelolaan sampah di wilayah darat, Lurah Rendy mengaku akan memfokuskan hal tersebut setelah KSM Pantai Harapan ini bisa berjalan.

“Sebenarnya saat ini sudah ada pengangkutan dari armada DLH. Namun memang belum maksimal karena jumlah sampahnya telalu banyak. Untuk itu, setelah ini akan kami rancang lagi proses pengangkutan dan pengelolaaanya,” tukasnya.

Selain penyerahan bantuan becak motor, dalam kegiatan kemarin juga dirangkai dengan kerja bakti dari gabungan beberapa unsur seperti Dinas Lingkungan Hidup, pegawai Kelurahan Berbas Pantai, Camat Bontang Selatan, aparat TNI, dan masyarakat sekitar. Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni pun juga hadir dalam kesempatan tersebut. Adapun lokasi yang dibersihkan yakni Taman Wisata Mangrove Berbas Pantai, selokan di sekitarnya, serta lapangan sepak bola di samping lokasi Taman mangrove. (bbg)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button