Masih Penyidikan, Dua Calo STNK Terancam Setahun Penjara 

 

BONTANG – Dua calo Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang diciduk dalam operasi tangkap tangan (OTT) di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Jalan MH Thamrin nomor 5, Rabu (22/2) lalu resmi jadi tersangka. Keduanya adalah DMR (26) yang merupakan pegawai lepas harian (PLH) Samsat, serta honorer UPT Dispenda Kaltim Wilayah Bontang berinisial AD (31).

Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Bontang, Kompol Mawan Riswandi mengatakan, keduanya masih terus menjalani pemeriksaan di kepolisian. Mereka juga disangka melanggar Pasal 5 Ayat 2 Undang-undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Di mana, ancamannya minimal setahun penjara.

“Penangkapan kedua tersangka (DMR dan AD, Red.) berdasarkan informasi masyarakat, yang mendengar bahwa biaya perpanjangan STNK tidak sesuai. Sehingga perlu dibuktikan. Setelah dibuktikan, ternyata benar. Kami pun melakukan upaya penangkapan,” jelas Mawan yang juga Wakapolres Bontang, di kantornya, Jumat (24/2) kemarin.

Perwira dengan satu melati di pundak itu menambahkan, kedua tersangka memang tidak mengakui perbuatannya. Termasuk kebiasaan memungut biaya juga tidak disampaikan ke penyidik.

“Kami masih melakukan pengembangan, pemeriksaan saksi-saksi, dan pengakuan tersangka,” ujarnya.

Mawan menambahkan, OTT itu merupakan satu dari 12 laporan yang diterima timnya. Dari 12 laporan, delapan di antaranya tidak terbukti dan sisanya masih dalam penyelidikan. Dia pun mengimbau kepada instansi, khususnya lembaga pemerintah yang menangani pelayanan, untuk tidak main-main dengan peraturan.

“Kami juga mengimbau, sebaiknya ada pengawasan ketat dari internal institusi tersebut. Masyarakat juga kami imbau untuk melaporkan jika menemukan aktivitas pungli. Karena, identitas pelapor akan terjamin dan kami rahasiakan,” ungkapnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept