Bontang

Musim Pancaroba, Waspada ISPA dan Diare

 

Diskes-KB Imbau Lakukan Germas dan PHBS

BONTANG – Memasuki musim pancaroba, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) Bontang meminta masyarakat mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan diare. Masyarakat juga diimbau melakukan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) serta Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Diskes-KB Bontang Indriati As’ad mengatakan, meski jumlah kasus ISPA dan diare masih dalam batas normal, namun masyarakat perlu mewaspadainya. “Faktor cuaca dapat mempengaruhi kesehatan tubuh jika tidak berusaha mencegah datangnya penyakit,” jelas Indri, Kamis (9/3) kemarin.

Dikatakan dia, selain ISPA dan diare, penyakit seperti batuk dan influenza juga akan menyerang pada saat musim pancaroba. Namun masih terbilang normal, sama halnya dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang jumlah kasusnya di tahun ini dianggap minimal dari tahun sebelumnya. “Diare ada karena cuaca dan makanan yang kurang higienis. Laporan yang masuk tidak banyak, tetapi kalau ada peningkatan kasus pasti dilaporkan,” ujarnya.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini, Indri mengimbau masyarakat Bontang melaksanakan Germas seperti yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Gerakan tersebut dilakukan dengan pendekatan kepada masyarakat agar melakukan aktivitas selama 30 menit dalam sehari yakni olahraga, makan buah dan sayur setiap hari, serta cek kesehatan secara rutin. “Germas ini lebih ke tindakan pencegahan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” ungkapnya.

Tak hanya Kemenkes, dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pun menggalakkan agar masyarakat lebih menjaga kesehatan. “Jangan sampai harus diopname, kalau masih bisa dicegah,” imbuhnya.

Selain Germas, Diskes-KB Bontang juga mengimbau masyarakat melakukan cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup, dan kelola stress (CERDIK).

Oleh karena itu diharapkan, selain penyakit menular seperti DBD, diare, ISPA bisa dicegah, penyakit tidak menular seperti hipertensi, stroke, jantung, ginjal, diabetes melitus dan lainnya juga dapat dicegah. “Kami mengimbau agar masyarakat fokus mencegah, namun juga tetap waspada dengan penyakit-penyakit di musim pancaroba,” pungkasnya. (mga)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button