Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Opini

Polymath dan Wajah Pendidikan di Indonesia

 

Polimatik ( Polymath) adalah seseorang yang pengetahuannya tidak terbatas hanya pada satu bidang. Seorang polimatik juga dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki wawasan sangat luas. Kebanyakan ilmuwan kuno adalah seorang polimatik yang kebanyakan justru dari ilmuwan Islam.

Di Indonesia jenjang pendidikan di mulai dari usia 3.5 tahun masuk sekolah PAUD (pendidikan usia Dini) atau play grup selama 1 tahun. usia 4.5 tahun masuk TK nol kecil (Taman kanak-kanak) selama 1 tahun,  usia 5.5 tahun masuk TK nol besar selama 1 tahun,  usia 6.5 tahun baru mulai masuk sekolah SD (sekolah dasar)  selama 6 tahun,  lulus SD masuk SMP (sekolah menengah pertama)  selama 3 tahun lalu di lanjut 3 tahun lagi masuk SMA (sekolah menengah atas).

Total anak-anak sekolah selama 15 tahun dan itu belum bisa menjamin si anak untuk menguasai bidang ilmu tertentu, apalagi untuk modal mencari pekerjaan. Selepas SMA baru akan masuk kuliah untuk menentukan jurusan dan minat yang akan di tekuninya. untuk meraih gelar Diploma, S1, dan seterusnya mereka harus kuliah beberapa tahun baru mereka bisa mengandalkan ijasah untuk mencari kerja.

Masalah kemudian timbul selepas sarjana, karna faktanya lapangan pekerjaan tidak tersedia sehingga tingkat pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Dari hasil survey tahun 2016 tingkat pengangguran sudah mencapai 7.02 juta orang. Bahkan modal sarjanapun belum tentu bisa mendapatkan posisi pekerjaan sesuai bidangnya.

Inilah PR bagi pemerintah dan pendidik. Sejatinya sebuah institusi pendidikan bisa melahirkan generasi bermutu yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan karna sudah mengecap pendidikan tinggi. Tapi, malah berharap hanya bisa jadi pekerja. Lalu apa saja yang di lakukan selama lebih 20 tahun sekolah? Yang ada justru anak-anak lelah berfikir karna sejak balita sampai remaja kerjanya hanya sekolah.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button