Bontang

Usai Resmi Diangkat Menjadi PNS , 103 CPNS Menanam Pohon

 

BONTANG – Sebanyak 103 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan Perumahan Korps Republik Indonesia (Korpri) Bontang Blok B, Bontang Lestari,  Kamis (16/3) kemarin.

Sejatinya, kegiatan ini dilakukan usai pengambilan sumpah atau janji PNS 2017, sekaligus penyerahan SK menjadi PNS 100 persen di lingkungan Pemkot Bontang, yang digelar di Ruang Auditorium Kantor Wali Kota Lama.

Kegiatan penanaman ini dirangkai juga dengan peletakkan batu pertama pembangunan rumah nelayan di Bontang Lestari, langsung oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Artahnan menjelaskan, dalam hal ini, BKD hanya memfasilitasi dan merealisasikan Instruksi Wali Kota Nomor I Tahun 2017, yang didalamnya berisi tentang aturan penanaman minimal satu pohon bagi CPNS yang diangkat menjadi PNS, kenaikan pangkat PNS, kenaikan gaji berkala, serta PNS yang akan menerima tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya.

“PNS yang menanam pohon ini merupakan rekrutmen pengangkatan dan penempatan CPNS periode 2015. Berdasarkan  hasil kualifikasi dan kompetensi golongan III ada 54 orang, golongan II 49 orang, dengan total 103 PNS,”  jelasnya, Kamis (16/3) kemarin.

Artahnan menambahkan, hal ini memang baru pertama kalinya diselenggarakan, namun kegiatan ini selaras dengan program Pemkot Bontang, yakni  green city. Dengan tujuan  PNS ini nantinya dapat menciptakan pola pikir lebih peduli dan peka terhadap lingkungan yang hijau, bersih, indah, sehat, nyaman, dan saling memberikan kelestarian terhadap lingkungan hidup.

“Dari hasil inventarisasi pendataan partisipasi PNS di 2017, pohon yang terkumpul bisa mencapai kurang- lebih seribuan di Desember  ini,” tuturnya.

Sementara itu, Maksi Dwiyanto, Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Bontang menjelaskan, pohon-pohon yang ditanam ini memang murni dari para CPNS yang diangkat menjadi PNS. Namun sebelum pohon-pohon tersebut ditanam, DPKPP lah yang merawatnya guna membuat pohon tersebut  tidak layu dan rusak saat ditanam. Sejatinya dalam penanaman pohon ini, pihaknya lah yang mengkoordinir dan memberikan pedampingan terhadap PNS tersebut.

“Nama jenis pohon yang ditanam PNS ini adalah pohon tanjung, nanti ke depannya jalan masuk ke perumahan Kopri Blok B ini juga dinamakan Jalan Tanjung sesuai dengan pohon yang ditanam tersebut,” tuturnya. (ver)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button