Sarpras Tak Memadai, 23 SMP Tak Siap Gelar UNBK

BONTANG – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sejatinya bukan ajang adu gengsi antarsekolah. Melainkan untuk meningkatkan kualitas, menghemat anggaran, dan mencegah pelbagai praktik kecurangan. Sayang, tidak banyak sekolah yang tidak bisa menggelar UNBK karena tidak didukung ketersediaan sarana dan prasarana.

Termasuk di Bontang. Dari 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bontang, baik negeri maupun swasta, belum seluruhnya siap menggelar UNBK. Tercatat, hanya 10 sekolah yang punya sarana-prasarana (sarpras) lengkap. Artinya 23 sekolah tak siap untuk menggelar UNBK.

Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang, Usman mengatakan, 10 sekolah itu meliputi enam negeri dan empat swasta. “Lainnya, belum bisa melengkapi sarpras,” kata Usman, beberapa waktu lalu.

Untuk UNBK, kata dia, tentu berbagai kesiapannya harus diperhatikan. Mulai dari laboratorium komputer, servernya, jaringan, spesifikasinya sesuai atau tidak, jumlah komputer untuk klien atau siswa, serta sumber daya manusia (SDM) atau teknisinya.

Kendala yang dihadapi, beber Usman, biasanya pada jaringan internet. Sebab, jika tak ada internet, UNBK tak bisa berjalan. Sementara, jaringan internet pun harus yang kapasitasnya mumpuni. “Harapannya untuk tahun depan, semoga semua SMP sudah bisa melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Sementara untuk kendala lainnya, Usman menyatakan jika SDM bisa dilatih. Pasalnya, ada teknisi yang sudah memahami terkait pelaksanaan UNBK. Sehingga yang baru akan melaksanakan UNBK bisa belajar pada mereka yang sudah paham. Juga sebaliknya, mereka bisa membagi ilmunya. “Yang penting ada kemauan,” imbuhnya.

Untuk SMP negeri yang baru akan melaksanakan UNBK yakni SMPN 2 Bontang dan SMPN 7 Bontang. Jumlah komputer yang terpenting adalah satu unit untuk tiga peserta UNBK. Sementara sisanya bisa dilengkapi dengan meminjam laptop milik orang tuanya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Comments

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept