Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Seluruh Humas Harus Tangkal Berita Hoax

Published

on

Dibaca normal 2 menit

 

Bontang Jadi Tuan Rumah Raker Kehumasan Se-Kaltim

BONTANG – Eksistensi humas di lingkungan pemerintah kian diperhitungkan. Pasalnya, kinerja humas mencerminkan kinerja pemerintahan di suatu daerah atau instansi. Peran humas di setiap instansi pun harus bisa menangkal berita-berita hoax. Karena hoax dapat disebut sebagai instrument penghancur ke-Indonesiaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Sekprov Kaltim) Rusmadi dalam sambutannya di acara Raker Kehumasan se-Kaltim. Kebetulan, Humas Bontang menjadi tuan rumah terselenggaranya raker tersebut.

Rusmadi menyampaikan, bahwa raker kehumasan ini harus bisa dimanfaatkan untuk membangun jaringan kerja yang sinergi dan harmonis, antara pemerintah kota/kabupaten, pemerintah provinsi, serta unsur kehumasan. Terutama untuk sama-sama melawan berita hoax yang cepat sekali beredarnya.

“Berita hoax adalah dampak negatif dari kemajuan teknologi dan informasi yang tengah menjadi isu hangat yang meresahkan masyarakat,” jelas Rusmadi dalam sambutannya di acara Raker Kehumasan se-Kaltim dengan tema Peran Humas dalam Membangun Informasi Sehat untuk Masyarakat di Ballroom Hotel Equator, Rabu (29/3) kemarin.

Bahkan, Rusmadi menyatakan jika berita hoax dapat menghambat proses pembangunan. Alhasil, dengan gencarnya berita hoax di media sosial membuat pemerintah harus cepat mengambil sikap.  Hoax juga disebut sebagai instrument penghancur ke-Indonesia-an.

Oleh sebab itu, melalui Raker Kehumasan ini, diharapkan seluruh humas di Kaltim memiliki pemahaman yang sama dalam menangkal berita hoax. “Humas harus bisa menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan sehat kepada masyarakat,” pintanya.

Menurutnya, penyampaian informasi yang tepat, akurat dan sehat harus dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat sekaligus menjaga kondusifitas daerah. Sehingga, lanjut dia, peran humas sangatlah penting bagi pemerintah. “Humas adalah barometer sebuah organisasi, bila humas bagus, pemerintahan pasti bagus. Kerja keras dan kesuksesan pemerintah dapat dilihat dari kinerja humasnya,” ungkap dia.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments