Bontang

Pemeriksaan Administrasi Awal untuk Calon Polri, Berkas Tak Lengkap Dinyatakan Gugur

 

BONTANG – Pemeriksaan administrasi (rikmin) awal kepada calon pendaftar anggota Polri dilakukan di Mako Polres Bontang selama 3 hari. Terhitung mulai Kamis (13/4) hingga Sabtu (15/4). Dua hari berlangsung, masih ada beberapa pendaftar yang belum lengkap berkas administrasinya. Sementara hari Sabtu (15/4) terakhir penutupan pendaftaran dan penetapan siapa yang lolos di rikmin awal akan dikirim ke Balikpapan untuk proses seleksi selanjutnya.

Kapolres Bontang, AKBP Andy Ervyn melalui Panitia penerimaan calon Brigadir, Tamtama dan Akpol, Ketua Tim Rikmin yang juga Kasubag Hukum AKP Sukandar mengatakan, rikmin awal ini untuk verifikasi persyaratan para calon Polri apakah sudah melengkapi persyaratan atau masih ada yang kurang.

Bagi mereka yang persyaratannya belum lengkap, maka diberi waktu hingga Sabtu hari ini untuk melengkapinya. “Rata-rata banyak yang belum dilegalisir, baik itu keterangan dari sekolah ataupun lainnya,” jelas Sukandar saat ditemui di sela-sela rikmin awal di Mako Polres Bontang, Jumat (14/4) kemarin.

Dari sebanyak 131 pendaftar pun, baru sekira 121 yang kembali untuk melakukan rikmin. Itupun ada beberapa berkasnya yang belum lengkap. Seperti kelas XII yang ikut mendaftar, maka dirinya harus meminta kepada sekolah surat pernyataan bahwa yang bersangkutan masih pelajar dan dilengkapi dengan regalisirnya. “Ada juga yang belum dilengkapi oleh fotokopi KTP ayahnya, karena belum pulang-pulang,” ujarnya.

Sukandar menyatakan, jika orang tua berada di luar kota bisa mengirim datanya melalui email. Namun, jika posisinya sulit untuk dihubungi maka panitia meminta yang bersangkutan untuk berupaya mendapatkannya.

Pasalnya, jika semua rikmin awal lolos dan harus berangkat ke Balikpapan, siapa yang akan mengantar ke sana. “Ada yang bapaknya tidak pulang-pulang dari kebun. Katanya lagi panen, tapi sudah satu bulan belum pulang dan sulit dihubungi, yang bersangkutan berupaya Selasa data tersebut bisa menyusul. Tetapi karena Sabtu sudah berangkat ke Balikpapan, tergantung panitia di sana,” bebernya.

Tak hanya warga Bontang yang mendaftar sebagai calon Brigadir, Tamtama dan Akpol. Banyak juga pendaftar yang berasal dari Marangkayu dan Muara Badak. Karena wilayah hukumnya masuk Polres Bontang. Namun, ketika terjadi kekurangan berkas, tentu sangat disayangkan mengingat jarak serta waktu yang sudah akhir. “Berkas yang lengkap baru 74 (Jumat sore hingga pukul 16.00 Wita), kami masih tunggu agar peserta bisa melengkapi hingga besok (hari ini, Red), kalau memang tidak bisa melengkapi, dianggap gugur,” ungkapnya.

Pendaftaran penerimaan Polri akan ditutup Sabtu 15 April tepat pukul 15.00 Wita. Pukul 14.00 Wita hari Sabtunya, wanjak pun akan dilaksanakan untuk menentukan siapa saja yang lanjut dan dikirim ke Balikpapan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya disana.(mga)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button