Kaltim

Keseriusan Calon Dinanti 

 

 

 

SAMARINDA – Tinggal beberapa hari lagi, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kaltim akan menutup pendaftaran bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub). Dibuka sejak 20 Maret lalu, pendaftaran dibuka hingga 20 April mendatang.

Hingga Minggu (16/4) kemarin, sudah ada enam bakal cagub yang mengambil formulir. Mereka adalah Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, anggota DPR RI Hadi Mulyadi (PKS) dan Awang Ferdian Hidayat (PDIP), mantan Bupati Kutim Isran Noor, juga Bupati Kukar Rita Widyasari dan Bupati PPU Yusran Aspar. Di antara mereka, mayoritas formulir pendaftarannya diwakilkan.

“Baru dua bakal cagub yang sudah mengembalikan formulir. Yaitu Ibu Rita Widyasari dan Bapak Yusran Aspar,” ujar ketua DPW PKB Kaltim, Syafruddin kepada Metro Samarinda (Kaltim Post Group), kemarin.

Terkait empat nama yang sudah mengambil formulir, pria yang karib disapa Udin itu belum mendapat konfirmasi kapan mengembalikannya. Hanya satu saja yang dikabarkan akan mengembalikan formulir.

“Rencananya, Pak Syaharie Jaang akan mengembalikan formulir pada tanggal 20 April,” jelas ketua Fraksi PKB DPRD Kaltim itu.

Keseriusan bakal cagub pun dinanti. Pasalnya, PKB hanya akan mengusung bakal calon yang mendaftar. “Nama-nama yang mendaftar itulah yang kami serahkan ke DPP untuk diverifikasi. Di luar dari yang mendaftar, tidak direkomendasikan,” tegasnya.

Tak hanya itu, satu nama yang digadang-gadang menjadi calon kuat juga belum mendaftar. Dia adalah Sekprov Kaltim, Rusmadi. Dikonfirmasi terpisah, ketua Ikapakarti itu mengaku memang belum mendaftar.

“Saya belum mendaftar (sebagai bakal cagub) ke parpol (partai politik),” jawab Rusmadi singkat.

Sebagai informasi, pendaftaran bakal cagub partai berlambang bola dunia itu dibuka selama sebulan penuh. Yaitu mulai tanggal 20 Maret sampai 20 April 2017 mendatang. Setelah masa pendaftaran berakhir, dilakukan verifikasi berkas pendaftaran dalam rentang 21 April sampai 4 Mei 2017.

Setelah verifikasi berkas, kemudian survei internal tanggal 5 Mei sampai 7 Juli 2017. Dilanjutkan penyampaian visi-misi masing-masing kandidat selama dua hari, 8-9 September 2017. Setelah penyampaian visi-misi, DPW menggelar Musyawarah Kebangkitan (Muskib) selama dua hari, 10-11 September 2017. Dalam Muskib ini akan ditetapkan dua nama bakal cagub yang namanya akan dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB tanggal 15 September 2017.

PKB Kaltim sendiri, tidak menyiapkan kader internal partai untuk maju dalam Pilgub Kaltim 2018. Namun untuk bakal cawagub, PKB telah menyiapkan beberapa nama apabila dikehendaki. Di antara nama Bupati Kabupaten Paser yaitu Yusriansyah Syarkawi.

Adapun untuk persyaratan pendaftaran, terdapat delapan dokumen yang perlu dipersiapakn calon kandidat. Yaitu mengajukan surat permohonan kepada PKB, surat bebas narkoba, surat sehat jasmani dan rohani, daftar riwayat keluarga, daftar riwayat pekerjaan, daftar riwayat pendidikan, visi dan misi untuk Kaltim 2018-2023, dan surat pernyataan kemauan membesarkan PKB se-Kaltim. (gun)

PELAMAR PKB

Rita Widyasari

Partai              : Golkar (13 kursi)

Jabatan           : Bupati Kukar

Status             : Sudah Kembalikan Formulir

 

Yusran Aspar

Partai              : Gerindra (6 kursi)

Jabatan           : Bupati PPU

Status             : Sudah Kembalikan Formulir

 

Syaharie Jaang

Partai              : Demokrat (4 kursi)

Jabatan           : Wali Kota Samarinda

Status             : Belum Kembalikan Formulir

 

Hadi Mulyadi

Partai              : PKS (4 kursi)

Jabatan           : Anggota DPR RI

Status             : Belum Kembalikan Formulir

 

Awang Ferdian Hidayat

Partai              : PDIP (10 kursi)

Jabatan           : Anggota DPR RI

Status             : Belum Kembalikan Formulir

 

Isran Noor

Partai              : ?

Jabatan           : Mantan Bupati Kutim

Status             : Belum Kembalikan Formulir

 

KEKUATAN PKB

Lembaga                   Kursi   Suara Pemilu

DPR RI                                    0          84.147*

DPRD Kaltim              4          77.911

DPRD Samarinda      0          13.204

DPRD Balikpapan      0          4.888

DPRD Bontang          0          4.434

DPRD PPU                  1          4.290

DPRD Paser               2          10.817

DPRD Kukar               0          9.749

DPRD Kubar               2          4.285

DPRD Kutim               1          8.256

DPRD Berau               0          3.020

DPRD Mahulu            4          2.686

 

Keterangan:

  1. Perolehan suara sebelum pemekaran Kaltara.
  2. PPU (Penajam Paser Utara), Kukar (Kutai Kartanegara), Kubar (Kutai Barat), Kutim (Kutai Timur), Mahulu (Mahakam Ulu).

Sumber: Diolah dari berbagai sumber.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button