Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Jabatan Sekda Dilelang Terbuka, Pansel Baru Dibentuk, Ditarget Juni Sudah Terpilih 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Pemkot Bontang akan melakukan lelang jabatan sekretaris daerah (sekda) dengan membentuk panitia seleksi (pansel). Plt Sekda Bontang Artahnan mengatakan, saat ini masih dalam tahap pembentukan pansel.

“Sampai hari ini (kemarin, Red.) pansel belum dibentuk. Yang jelas segera kami bentuk karena targetnya bulan Juni sudah terpilih sekda definitif,” sebut Artahnan, di sela menghadiri Launching Rumah Pintar Pemilu di KPU Bontang, Selasa (18/4) kemarin.

Sebelumnya, Pemkot Bontang di bawah kepemimpinan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeani dan Wawali Basri Rase telah memberhentikan Sekkot Bontang HM Syirajuddin.

Keputusan pemberhentian tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 821.2/311/ BKPP.02-IV/2017. Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menegaskan pergantian Sekkot adalah hal biasa-biasa saja. Ia juga meminta tidak perlu dibesar-besarkan dan dikaitkan dengan hal-hal yang aneh.

“Pergantian Sekda adalah penyegaran posisi di pegawai. Itu hal yang lumrah. Kita butuh semangat baru untuk menjalankan roda pemerintahan ini. Saya pun dalam memilih Sekda nanti profesional saja. Yang benar-benar memiliki kapasitas. Ke depan masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan. Secara Undang-undang juga pergantian ini tidak masalah.  Pak Iyat SK-nya juga habis 9 Januari dan sudah dua tahun. Jadi tidak masalah,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, Arthanan menjelaskan, mekanisme pengisian jabatan Sekda mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam aturan itu mewajibkan seleksi dilakukan secara terbuka oleh pansel. Sedangkan anggota pansel terdiri dari unsur pejabat di lingkungan Pemkot Bontang, kalangan akademisi, pakar, dan profesional.

“Karena posisi sekda merupakan jabatan karier di lingkungan pemerintahan, sehingga setiap aparatur sipil Negara yang memenuhi syarat administrasi dan kepangkatan boleh mendaftar dilelang jabatan ini,” beber Artahnan yang juga menjabat Kepala Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Bontang.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments