Breaking News

139 Desa Kecipratan Rp 119 M

Bantuan Pusat Melalui Dana Desa

SANGATTA – Walaupun angin defisit kemungkinan bakal berhembus kembali ke Kutai Timur, namun hal tersebut kemungkinan tidak terlalu berpengaruh pada masyarakat. Pasalnya, tahun ini pemerintah pusat bakal mengucurkan bantuan Dana Desa (DD) lebih dari Rp 119 Miliar. Anggaran tersebut diperuntukan bagi 139 Desa di Kutim.
“Ya, tahun ini Kutim akan mendapat bantuan DD senilai RP 119 miliar,” sebut Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Timur, Saifudin didampingi Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Ika Yulia dan Kasi Kerjasama dan Pemberdayaan, Yudiet.
Dia menyebutkan, terkait nominal yang akan diterima setiap desa, nilainya bervariasi. Menyesuaikan kondisi dan kebutuhan di masing-masing desa. Sementara pada tahun lalu, Kutim mendapatkan kucuran DD lebih dari Rp 90 miliar.
“Tapi anggaran itu hanya untuk 133 desa di Kutim. Tapi, karena tahun ini ada enam desa yang dimekarkan makanya jumlah penerimanya bertambah,” ucapnya.
Sementara terkait kucuran Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemerintah Daerah yang dianggarkan pada pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kutim, kata Yudith untuk tahun ini pihaknya belum bisa memastikan berapa besaran nilainya. Sebab, masih akan disesuaikan dengan kondisi keuangan Kutim. Sementara ADD pada tahun lalu, Pemkab Kutim mengalokasikan lebih dari Rp 102 miliar.
“Namun karena defisit anggaran, sehingga yang sempat dicairkan hanya pada tahap pertama sebanyak 40 persen saja,” tutupnya. (aj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button