Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Air PDAM Berwarna Hitam

Published

on

Dibaca normal 1 menit

 

Sebut Akibat Pipa Tersier Bocor

SANGATTA – Setelah sempat tak mengalir beberapa hari, tiba-tiba kondisi air yang disalurkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua, Kamis (20/4) berwarna kehitam-hitaman. Warga pun sempat khawatir memanfaatkan air tersebut.

Silfia (34) warga Gang Etam Jalan APT Pranoto mengaku heran dengan kondisi air yang disalurkan PDAM. Padahal sebelumnya, air yang digunakan selalu dalam kondisi bersih.

“Baru kali ini warnanya seperti itu. Makanya saya heran juga,” aku Silfia.

Selain itu, lanjut dia, distribusi air bersih yang sempat terhenti beberapa hari membuat dirinya kesulitan mendapatkan air bersih. Sehingga, terpaksa membeli air dari truk tangki.

“Yah, mau nggak mau mas. Karena enggak sempat nampung air,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Tuah Benua Aji Mirni Mawarni mengaku, pasca dilakukan perawatan rutin dan pengalihan sistem kelistrikan menggunakan PLN, distribusi sempat dihentikan. Sehingga, perlu waktu untuk menormalkan distribusi air bersih ke sejumlah wilayah.

“Nah mungkin pada saat masih proses normalisasi distribusi ada warga yang tidak sabar, kemudian menggunakan pompa untuk menyedot air. Akibatnya, pipa tersier bocor dan terjadi rembesan air kotor. Makanya air yang diterima jadi kotor,” jelas Mawar.

Meskipun begitu, kata dia, kondisi tersebut sudah diatasi oleh jajarannya setelah menerima laporan. Sehingga dipastikan air yang diterima masyarakat sudah normal kembali.

“Sudah normal. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” harapnya.

Sementara untuk proses distribusi, diakui Mawar, memang dalam beberapa hari terakhir sempat mengalami gangguan. Namun, saat ini proses distribusi sudah dilakukan ke seluruh wilayah di Sangatta.

“Jumat-Sabtu kami lakukan perawatan rutin. Kemudian, Senin-Selasa perubahan sistem pengaliran listrik PLN, tapi malam tetap beroperasi. Sedangkan, Rabu-Kamis ada kegiatan tes pipa induk yg baru terpasang, sehingga sempat dilakukan buka tutup valve,” papar Mawar. (aj)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca