Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

Berbas Pantai Laksanakan Pilerte Serentak 

 

Dilaksanakan Selama Dua Hari, Mayoritas Gunakan Sistem Seperti Pilkada

BONTANG – Pemilihan Ketua RT (Pilerte) kembali terlaksana. Kali ini dilaksanakan di wilayah Kelurahan Berbas Pantai. Dilaksanakan serentak selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu (6-7/5) kemarin, sebanyak 24 RT di Berbas Pantai antusias mencari sosok pemimpin yang layak untuk memimpin setiap wilayahnya.

Lurah Berbas Pantai Muhammad Rendhy Maulia mengatakan, pelaksanaan pilerte ini mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2010 tentang kelembagaan masyarakat. Adapun aturannya, sebelumnya telah dibuat dari pihak kelurahan dan dijalankan oleh masing-masing panitia di RT. Kata dia, mayoritas pilerte di Berbas pantai menggunakan cara pemilihan laiknya saat melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Namun ada juga beberapa RT yang memutuskan aklamasi saja. Meski aklamasi, kami tetap menyarankan agar administrasinya dilengkapi dan transparan sehingga dapat dipertanggungjawabkan nantinya,” tutur mantan Seklur Bontang Baru itu,

Kata dia, dana dari pilerte ini murni bersumber dari swadaya masyarakat itu sendiri. Sebelum pelaksanaan, terlebih dahulu kelurahan membentuk panitia. Selanjutnya, baru lah panitia akan melakukan penjaringan calon. Terakhir, calon yang telah dijaring tadi kemudian akan dipilih oleh masing-masing warganya.

“Saat pelaksanaan, semua pegawai kelurahan kami tempatkan di masing-masing RT untuk melakukan pengawasan. Sehingga semua pelaksanaan bisa berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Salah satu RT yakni RT 7 Berbas Pantai menjadi salah satu RT yang antusias mengelar Pilerte ini. Mengusung tiga calon yakni Sulmubin, Helmiati, dan Rohani, Sulmubin berhasil mengungguli kedua pesaingnya dengan memperoleh sebanyak 88 suara. Sementara di urutan kedua, diraih Rohani dengan perolehan 77 suara, dan terakhir Helmiati dengan 33 suara. (bbg)

1 2Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button