Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Disdamkartan Bantu Warga Lumpuhkan Sarang Tawon 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Belum lama ini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) kembali melakukan aksi penyelamatan terhadap ancaman dan bahaya yang dialami masyarakat. Sabtu (6/5) malam lalu, mereka berhasil melumpuhkan sarang tawon yang mengganggu salah satu rumah warga yang tinggal tak jauh dari lokasi Pasar Citra Mas Loktuan.

Kepala Disdamkartan Muhammad Yani menuturkan, awal kejadian ini bermula dari laporan dari Ketua RT 41 Kelurahan Loktuan, Ramli Salam sekira pukul 16.30 Wita. Pemilik rumah, Lismawati merasa terganggu dan khawatir dengan adanya sarang tawon yang bermukim di rumahnya. Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas, malam harinya sekira pukul 20.00 Wita, petugas langsung melakukan eksekusi.

“Informasinya, warga setempat sudah ada yang  pernah disengat sebelumnya. Bahkan sampai dilarikan ke rumah sakit. Kabarnya, jenis tawon ini memang jenis yang ganas dan sengatannya bisa membuat orang demam,” terang Muhammad Yani.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap serta personil Damkar yang cukup, eksekusi sarang tawon pun dilakukan dengan cara membakar sarangnya. Meski demikian, petugas Damkar juga tetap memperhatikan aspek safety dimana mereka juga menyediakan Alat pemadam Api Ringan (APAR), serta saling berbagi dalam hal pembagian tugas.

“Ada yang melakukan penyelamatan, selebihnya membantu berjaga di bawah. Alhamdulillah eksekusi berjalan dengan aman dan cepat serta tidak menimbulkan korban,” tukasnya. (bbg)

Advertisement
Comments