Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Hikmah

IBADAH PUASA TERDAPAT  PAHALA TAK TERHINGGA

Published

on

Dibaca normal 3 menit

Oleh :

Mujahidul Wathoni, S.Ag, M,Pd

(Wakil Ketua 5 PD Muhammadiyah Kutim)

Kita patut bersyukur kepada Allah SWT. Karena kita termasuk orang yang dipilih untuk diberi kesempatan bertemu dengan bulan suci Ramadan 1438 H, kesempatan ini adalah anugerah dari Allah SWT yang tidak ternilai harganya. Karena Ramadan adalah bulan suci, bulan berkah, bulan pahala, dan bulan curahan rahmat. Diturunkan Allah SWT untuk memberi peluang kepada hamba-hamba-Nya yang ingin memperbaiki diri.

Dihadiahkan kepada umat manusia untuk memberi peluang bertaubat , menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan sebelum Ramadan tiba, menjanjikan orang yang berpuasa surga, membelenggu setan-setan agar tidak leluasa menggoda, membuka pintu surga agar memudahkan hamba-Nya untuk masuk . Maka Ramadan menjadi peluang emas bagi hamba yang beriman untuk berasyik menjalin hubungan dengan Allah SWT. melalui puasa, taddarus Al-qur`an, qiyamul lail, i`tikaf di masjid dan memperbanyak sedekah.

Rasullah SAW bersabda dalam hadist qudsi,  Allah SWT berfriman, “ Setiap amalan anak Adam adalah miliknya kecuali puasa, Ia adalah milik-ku dan aku sendiri yang akan membalasnya “ ( HR. Bukhari ( 1771) dan Muslim ( 1944) ).

Dalam hadist qudsi ini Allah menegaskan bahwa semua amal ibadah yang dilakukan seorang hamba adalah untuk dirinya sendiri, seperti ibadah sholat, zakat, haji dan ibadah yang lain, kecuali puasa, Allah menganggap bahwa puasa yang dilakukan seorang hambah adalah milik Allah dan allah sendiri yang akan memberikan balasan pahala kepada setiap hamba yang melakukanya.

Penisbatan ibadah puasa dan balasan pahalanya kepada Allah SWT memiliki makna yang sangat agung dan mulia bagi ibadah ini, celakalah bagi seorang Muslim yang enggan melakukan ibadah puasa atau menjalankanya namun tidak dilandasi dengan keimanan dan niat karena Allah SWT, sehingga ia tidak mendapatkan apa yang dijanjikan oleh Rasul SAW.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments