Hikmah

Takjil Roma di Hari Libur

Oleh

  1. Khumaini Rosadi, SQ., M.Pd.I

Ramadan bulan kebersamaan. Rasanya itu tidak berlebihan. Karena dengan Ramadan banyak keberkahan yang dirasakan ketika di lain bulan Ramadan rasa itu jarang sekali didapatkan. Teman sekantor pun bisa jadi tidak pernah bertemu karena berlainan shift. Teman satu RT pun bisa jadi tidak pernah bertatap muka karena seringnya dinas di luar kota. Atasan dengan bawahan pun bisa jadi tidak pernah bertegur sapa karena banyaknya deadline kerja. Bahkan anak dan orangtua pun bisa jadi tidak pernah makan bersama di satu meja karena sibuk mengejar karir menumpuk-numpuk harta.

Datangnya bulan Ramadan menyatukan itu semua. Takjil atau buka bersama ternyata menjadi sarana yang baik untuk mencairkan suasana. Kebersamaan di meja makan dan hangatnya tegur sapa begitu terasa. Bahagia. Teman sekantor jadi bertemu. Teman satu RT jadi bertatap muka. Atasan dan bawahan jadi bertegur sapa. Anak bisa bermanja-manja bertemu dengan orangtua. Orangtua pun dapat tersenyum bangga melihat anak-anaknya sudah tumbuh dewasa dan taat dengan agama.

Suasana itu terlihat di lingkungan KBRI Roma. Saya menyaksikan kebersamaan itu. Sapaan hangat dari Ibu Dra. R.A. Esti Andayani, sebagai Duta Besar RI  untuk Italia kepada seluruh Staffnya membuat senyum mereka menggambarkan bahagia. Tawa canda anak-anak kecil dengan temannya yang terkadang lalulalang di depan para pejabat pun menambah cerita lucu di saat berbuka puasa. Sepertinya hilang semua gelisah. Seakan tidak ada lagi masalah.

Indahnya kebersamaan saat berbuka puasa. Salah satu dari sekian banyak rahmat Allah untuk hamba-Nya di bulan Ramadan. Sebagaimana sabda Rasulullah, bahwa bulan Ramadan ini terbagi menjadi tiga bagian. sepuluh yang pertama dipenuhi dengan rahmat atau kasih sayang Allah, sepuluh yang kedua dipenuhi dengan maghfiroh atau ampunan Allah, dan sepuluh yang ketiga dipenuhi dengan garansi pembebasan dari api neraka.

Bersama dengan keluarga itu kebahagiaan. Tidak bisa diukur dengan tumpukan uang. Alhamdulillah, kemarin para staff KBRI dapat merasakan kebahagiaan itu dengan berkumpul bersama keluarga. Karena kemarin ada hari libur nasional di Indonesia dan ada hari libur nasional di Roma. Tanggal 1 Juni adalah hari lahirnya pancasila dan tanggal 2 Juni Festa della Repubblica Italia. Jika hari libur nasional di Indonesia, Staff KBRI di Roma pun libur. Jika hari libur Italia,KBRI di Roma pun libur.Sebagaimana keputusan yang dikeluarkan oleh Kementrian Luar Negeri Lampiran SK No. 057 /DB/XII/2016 tanggal 27 Desember 2016 Tentang Hari-hari Libur dan Cuti Bersama Perwakilan RI di Roma Tahun 2017.

Meskipun libur, jadual buka bersama di KBRI tetap berjalan. Berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dengan teman-teman dan mempererat persaudaraan dengan masyarakat Indonesia di Italia. Seandainya, selama satu tahun seperti Ramadan, maka tidak ada lagi kesedihan. Seandainya, umatku mengethui rahasia besar di balik Ramadan, maka umatku akan mengharapkan satu tahun itu ramdhan semunya. Hadits Rasulullah saw.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also

Close
Back to top button