Breaking News

Utang Disdik 2016 Akhirnya Terbayar

Terkait Sisa Pembayaran Gaji Non ASN dan Bosda 2017

SANGATTA – Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur (Disdik Kutim) akhirnya melakukan pembayaran utang 2016. Seperti diketahui, utang itu timbul akibat krisis keuangan daerah. Utang yang sudah terbayarkan itu diantaranya, paket pekerjaan fisik senilai Rp 65,9 miliar dan utang non fisik senilai Rp 22 miliar. Selain itu, untuk utang pembiayaan boarding school di SMA 2 Sangatta Utara juga sudah terbayarkan. Nilainya mencapai Rp 1,9 miliar.

“Jadi utang fisik yang sudah terbayarkan itu ada 215 paket pekerjaan senilai Rp 65,9 m. Jadi masih sisa Rp 13 m dari 15 paket pekerjaan yang belum,” ucap Sekretaris Disdik Kutim Roma Malau, Senin (5/6) kemarin.

Sementara untuk pembayaran Bantuan Operasional Sekolah (Bosda) tahun 2016 untuk tingkat SD, SMP dan SMA, triwulan III dan IV yang belum terbayarkan, lanjut dia, kini juga sedang dalam proses. Jika tidak ada kendala, pekan ini juga dapat terbayarkan.

“Begitu juga dengan uang tunjangan sertifikasi guru, sejak Jumat sudah masuk ke kas daerah. Namun karena ada sedikit kendala, hari ini (kemarin) akan disalurkan langsung ke rekening para guru penerima,” paparnya.

Hanya saja, kata Roma, khusus untuk insentif pegawai pendidik dan kependidikan non Aparatur Sipil Negara (ASN), serta Bosda SD dan SMP tahun 2017, hingga kini masih menunggu kejelasan dari DPRD Kutim.

“Tapi untuk 10 paket pekerjaan fisik yang dilakukan melalui ULP sudah terbayarkan. Jadi hanya tinggal kepastian insentif non ASN dan Bosda SD dan SMP saja,” akunya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan, untuk persoalan tersebut sudah tidak ada masalah lagi. Mengingat berdasarkan arahan BPK, baik DPRD maupun Pemerintah sudah sepakat untuk mendahulukan pembayaran insentif tersebut.

“Jadi tinggal koordinasi saja dengan BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah). Karena sudah ada kesepakatan,” kata Kasmidi. (aj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button