Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Bontang

Penerimaan Siswa Baru SMA Menggunakan Sistem Zonasi, Tak Ada Sekolah Unggulan

Pemerataan Kualitas Pendidikan

BONTANG – Mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ajaran 2017/2018 ini, pemerintah mulai memberlakukan sistem zonasi.

Di mana, calon siswa yang tempat tinggalnya masuk dalam suatu zona sekolah, lalu calon siswa tersebut menjadikan sekolah tersebut sebagai pillihan utamanya, maka yang bersangkutan akan mendapatkan tambahan nilai sebanyak 20. Hal ini berbeda dari SMK yang tidak menggunakan sistem zonasi pada PPDB nya. (zonasi PPDB SMA selengkapnya lihat grafis).

Tambahan nilai juga diberikan pada calon siswa yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik. Hal ini berlaku pada pendaftaran jalur umum. Sementara untuk jalur bina lingkungan, bila calon siswa tersebut mampu menunjukkan berkas-berkas pendukung yang diminta serta memilih sekolah yang berada di zonasinya, maka secara otomatis calon peserta didik tersebut langsung diterima.

Kepala Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Negeri Bontang Sumariyah mengatakan, mekanisme PPDB ini diatur berdasarkan Permendikbud 17 tahun 2017 dan Petunjuk Teknis (Juknis) PDDB yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim.

Dalam proses pembagian zonasi sekolah pun, juga dikoordinasikan dengan seluruh kepala SMA, kelurahan, dan kecamatan di Bontang. “Sesuai harapan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dengan sistem zonasi ini diharapkan tidak ada lagi sekolah yang dianggap unggulan. Sehingga memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah untuk bisa menjadi unggul dengan kompetensi di sekitar wilayahnya,” tuturnya, Jumat (9/6) kemarin.

Lebih lanjut Sumariyah menjelaskan, jalur bina lingkungan akan dibuka pendaftarannya mulai Senin (12/6) hingga Selasa (13/6) mendatang. Jalur bina lingkungan kata Sumariyah, terdiri dari tiga jenis. Pertama, calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan berdomisili dalam satu zona.

1 2 3 4Laman berikutnya
Tags

Related Articles

Comment

Back to top button