Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]

Connect with us
Bermita Bersama Kami

Bontang

Jamin Tak Ada Siswa ‘Titipan’, Penerimaan Berbasis Online, Bisa Dipantau Siapa Saja 

Published

on

Dibaca normal 3 menit

BONTANG – Sejumlah Kepala SMA/SMK Negeri di Bontang menyebut, dalam menjalani proses penerimaan peserta didik baru yang sedang berlangsung saat ini dipastikan tidak diwarnai “main belakang” alias ‘titipan’ siswa. Pasalnya, mekanisme penerimaan saat ini pun sudah berbasis online sehingga transparan bisa dilihat dan dipantau oleh siapa pun.

Kepala SMAN 2 Sumariyah yang juga ketua PPDB online Bontang mengatakan, dengan sistem yang sudah terbuka seperti ini, tentunya akan sangat menyulitkan para pihak-pihak yang ingin mendaftarkan anaknya di luar jalur-jalur yang sudah ditetapkan.

Apalagi di kemudian hari nantinya jika ditemukan adanya kecurangan, maka berdasarkan aturan di petunjuk teknis (juknis) yang berlaku, siswa tersebut bisa terancam dikeluarkan dari sekolahnya.

Sumariyah menuturkan, hal ini pun sudah diatur dalam juknis PPDB Kaltim pasal 3. Di mana dalam isinya dijelaskan, sesuai dengan tujuannya, PPDB online ini menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi. Sehingga kata Sumariyah,  dapat mendorong peningkatan akses layanan pendidikan di Provinsi Kaltim.

“Dengan sistem online ini, siapa pun bisa mengontrol. Dan dalam pelaksanaannya, tidak ada diskriminasi. Anak pejabat dengan anak nelayan statusnya sama,“ sebutnya.

Dalam hal prestasi misalnya, data yang di-input ke sistem tentulah data yang dapat dipertanggungjawabkan. Contohnya, prestasinya calon peserta didik haruslah dibuktikan dengan sertifikat. Begitu pula dengan siswa jalur gakin. Haruslah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sehingga akan sangat sulit dalam memanipulasi data. “Apakah bisa sertifikat lomba itu dipalsukan? Begitu juga dengan data di Kartu Keluarga (KK),” tanyanya.

Sumariyah menuturkan, Bontang tahun ini bukanlah pertama menyelengarakan PPDB berbasis online. Justru tahun ini merupakan tahun keempat pelaksanaan PPDB online di Bontang meskipun tahun ini yang pertama kalinya ditangani Provinsi Kaltim.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments