Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Jelang Idul Fitri, Waspada Parcel Kedaluwarsa 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Dua pekan jelang Lebaran Idul Fitri, sejumlah toko modern di wilayah Sangatta mulai menjajakan parcel. Beragam jenis parcel yang dikemas dalam bentuk semenarik mungkin. Umumnya parcel terdiri dari beberapa barang berupa makanan dan minuman.

Agar tidak menjadi korban paket parcel yang berisi makanan tak laik konsumsi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Irawansyah mengimbau masyarakat teliti sebelum membeli. Jangan sampai tertipu dengan promo yang ditawarkan toko.

“Sebaiknya dicek dulu sebelum membeli. Apalagi, kalau parcel itu isinya makanan,” pesan Irawansyah.

Meski belum mendapat laporan dari masyarakat tentang produk parcel menggunakan barang kadaluwarsa, namun dirinya meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim segera turun melakukan pemeriksaan di lapangan. Sehingga, masyarakat bisa mendapat jaminan keamanan atas produk parcel yang dibelinya melalui pedagang.

“Pengecekan ini tujuannya untuk melindungi konsumen. Jangan sampai ada yang jadi korban dulu baru bertindak,” sebutnya.

Selain melakukan pengecekan terhadap parcel, Irawansyah yang juga pernah menjabat sebagai Kadisperindag  itu, juga meminta agar pemantauan terhadap harga sembilan bahan pokok (Sembako) di pasaran juga perlu dilakukan. Sehingga, jika terjadi kenaikan harga yang tinggi langkah operasi pasar dapat diambil untuk kembali menstabilkan harga.

“Jangan lupa berkoordinasi dengan kepolisian, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya,” ujar Irawansyah. (aj)