Bontang

Tukar Uang Lebaran, BPD Siapkan Rp 4 M

BPD Gunakan Mobil Kas Keliling Permudah Masyarakat

BONTANG – Menghadapi tren penukaran uang jelang Idulfitri 2017, sejumlah bank di Kota Bontang menyiapkan pecahan uang kartal dari Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu. Misalnya, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim Cabang Bontang yang menyiapkan dana Rp 4 miliar untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang jelang hari besar umat muslim di Bontang.

Penyedia layanan nasabah BPD Kaltim Cabang Bontang Lusianah mengatakan, penukaran telah dilakukan sejak 2 pekan kedua Ramadan. Pun begitu, pendistribusian uang dilakukan secara bertahap. Sejak dibuka, pihaknya telah mendistribusikan sekitar Rp 2,2 miliar kepada masyarakat.

“Untuk pekan depan, kami siapkan kembali uang pecahan senilai Rp 2 miliar untuk didistribusikan. Penukaran sudah dimulai sejak Rabu, 8 Juni dan rencananya akan dibuka hingga 23 Juni. Sampai saat ini penukaran ke masyarakat telah terserap 90 persen,” ungkapnya, Senin (19/6).

Lusianah menambahkan dalam melayani penukaran uang, pihaknya juga dibantu unit-unit kerja lain seperti kantor cabang pembantu Gunung Telihan dan Marangkayu serta kantor kas Bontang Lestari, Loktuan, Rawa Indah, dan RSUD Taman Husada Bontang.

Untuk menjaga ketersediaan uang kecil hingga tanggal 23 Juni, pihaknya membatasi penukaran uang yang dilakukan masyarakat. Setiap orang hanya dapat menukarkan satu ikat atau seratus lembar.

“Misalnya mau tukar pecahan Rp 20 ribu, satu ikatnya berarti Rp 2 juta. Dan untuk memberikan kemudahan, kami juga juga memberikan pelayanan penukaran uang di lima kantor kas hingga mobil kas keliling,” terangnya.

Layanan penukaran uang pecahan jelang lebaran melalui mobil kas keliling, di lakukan agar masyarakat tidak harus ke kantor BPD Kaltim Cabang Bontang, terutama bagi masyarakat dengan tempat tinggal yang jauh dari kantor pelayanan.

“Kami akan datangi masyarakat sehingga lebih memudahkan untuk tukar uang pecahan Lebaran,” pungkasnya. (*/nug)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button