Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

​Pantai Manggar Tembus 11 Ribu Pengunjung Sehari

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BALIKPAPAN – Libur lebaran hari ketiga (27/6) menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berlibur bersama keluarga. Pantai Manggar Segara Sari di Balikpapan Timur masih menjadi tujuan favorit. Kemarin, jumlah kunjungan menembus angkat 11 ribu orang berdasarkan penjualan karcis masuk. 
Kepala UPT Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan Rusliansyah mengatakan, selama pekan Idulfitri kunjungan ke Pantai Manggar perlahan meningkat. Dimulai sejak hari pertama Lebaran (25/6) ada 1.000 pengunjung yang datang.
“Hari Minggu (26/6) pengunjung kurang ramai. Sebab hari pertama lebaran waktunya berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga,” paparnya.
Kemudian pada hari kedua lebaran (26/6) kunjungan melonjak. Dari 1.000 pengunjung menjadi 7.000 pengunjung. Yakni 4.300 dewasa dan 2.800 anak-anak dengan 1.700 roda dua dan 1.000 roda empat.
“Pendapatan Pantai Manggar naik drastis. Hingga mencapai Rp 37 juta,” ucapnya.
Sedangkan pada Rabu (27/6), hingga sore pengunjung mencapai 11 ribu orang. Dengan mayoritas pengunjung berasal dari dalam dan luar kota. Seperti Kaltara, Samarinda, Bontang maupun Penajam Paser Utara.
“Banyak yang berkunjung bersama keluarga besar dengan menggunakan mobil pribadi pada siang hari,” imbuhnya.
Ia menjelaskan, selama pekan lebaran ini petugas gabungan siap siaga di Pantai Manggar Sari. Yakni 110 petugas yang terdiri dari Basarnas, Polair, pemadam dan tim Gegana. Ditambah petugas UPT yang membantu dalam pengaturan parkir.
“Sejauh ini aman, cuaca cerah dan gelombang tidak besar. Jadi aman untuk berenang dan bermain air,” paparnya.
Dia pun menambahkan meski belum peristiwa yang tidak diinginkan, pihaknya selalu waspada setiap saat. Termasuk dengan rutin mengingatkan agar berhati-hati melalui pengeras suara. 
“Ada beberapa orangtua yang terpisah dengan anaknya. Maka kami jaga dulu anaknya, kemudian kami bantu pertemukan lewat informasi pengeras suara,” ungkapnya.
Sedangkan untuk masalah sampah, pihaknya tiap hari mengangkut sampah ke TPA yang berasal dari pengunjung. Namun sampah dari laut menjadi kendalanya.
“Sampah terbawa ke pinggir pantai. Seperti bongkahan kayu, itu memang mengganggu. Maka kami lakukan langkah pembersihan,” ungkapnya.
Langkah yang dilakukan yakni bersama dengan pihak ketiga dan petugas kebersihan mengangkat sampah dari laut dari pinggir pantai. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Lalu besoknya (28/6) dilakukan kerja bakti menyisir sisa sampah yang terbawa oleh air pasang.
Ke depan dia memprediksi hingga 2 Juli Pantai Manggar akan terus dipadati pengunjung. Terutama pada akhir pekan ke depan.
“Sementara hingga kini kedua pintu gerbang masih dilalui berbagai macam kendaraan. Nanti Sabtu-Minggu sebagai antisipasi, pintu gerbang baru akan khusus dilalui bus untuk akses parkir,” jelasnya. (*/ane/tom/k18)

Advertisement
Comments