Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

447 Pendaftar Tersisih di PPDB SD

Published

on

Dibaca normal 2 menit

 

Kelebihan Kuota, Tiga SDN Sepi Peminat

BONTANG – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) telah selesai kemarin (7/7).  Jumlah pendaftar yang melebihi daya tampung di tiap-tiap sekolah, memaksa beberapa pendaftar “tereliminasi”.  Bahkan apabila dijumlah mencapai 447 pendaftar.

Salah satunya yakni SDN 008 Bontang Utara, dari 84 kouta daya tampung akan tetapi jumlah pendaftar membludak hingga mencapai 126 pendaftar.

Jumlah yang tak kalah fantasis terjadi di SDN 004 Bontang Utara, sejumlah 57 pendaftar harus tereliminasi. Hal tersebut berdasarkan kouta daya tampung yang hanya berjumlah 51, sedangkan pendaftar berjumlah 108.

Pantauan awak media hanya terdapat tiga sekolah dari beberapa SDN yang belum tercukupi daya tampungnya. Ketiga SDN tersebut ialah SDN 001 Bontang Barat, SDN 002 Bontang Barat, dan SDN 002 Bontang Selatan. Kepala Sekolah SDN 001 Bontang Barat Harsili Patabang mengatakan tetap menunggu “serbuan” dari pendaftar yang tidak diterima di SDN 004 Bontang Barat Jumat pagi.

“Pasti nanti ada yang mendaftar kesini, jadi kami tunggu saja yang tidak lolos di sana,” katanya.

Seperti diketahui daya tampung untuk SDN 001 Bontang Barat ialah 53 siswa. Jumlah pendaftar sampai saat ini yakni 50 siswa. Bahkan peringkat terbawah berusia 5 tahun 6 bulan, umur yang harus disertai surat dari psikolog terkait mental peserta didik baru tersebut. Dalam juknis dijelaskan bahwa usia minimum yakni 6 tahun. (selengkapnya lihat grafis)

Kejadian seperti SDN 001 Bontang Barat juga dialami oleh SDN 002 Bontang Barat yang merupakan tetangganya. Dari 56 yang akan diambil dalam pendaftaran tahun ini, hanya terjaring sejumlah 44 pendaftar saja.

Terkait penggunaan afirmasi hanya beberapa sekolah yang didapatkan menggunakan penambahan ini yakni SDN 001 Bontang Selatan, SDN 013 Bontang Selatan, dan SDN 008 Bontang Selatan. Sebenarnya pendaftaran afirmasi dilakukan pada 5-17 Juni di Kantor Disdik. Namun, beberapa sekolah melakukan penambahan pada saat pendaftaran.

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments