Bontang

Matahari Melintas di Atas Kakbah, Momentum Umat Muslim untuk Perbaiki Arah Kiblat

BONTANG – Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Press Release Rashdul Kiblat nya mengumumkan jika Minggu (16/7) hari ini matahari akan melintas tepat di atas kakbah. Momen ini dapat dimanfaatkan umat muslim di Indoensia untuk memperbaiki arah kiblatnya.

Dalam surat yang ditandatangani Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag RI, Muhammad Tambrin itu dijelaskan, peristiwa alam ini akan terjadi pukul 16.27 WIB atau 17.27 Wita. Saat matahari melintasi kakbah itulah, bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah lurus ke kakbah. Sehingga di momentum itulah, diimbau kepada umat muslim yang ingin memperbaiki arah kiblatnya  agar disesuaikan dengan bayang-bayang benda tersebut.

Adapun dalam memperbaiki arah kiblat, Tambrin juga menekankan untuk memperhatikan beberapa hal seperti memastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus, atau bisa pula menggunakan lot atau bandul. Selain itu permukaan dasar harus benar-benar datar dan rata, dan terakhir jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, atau Telkom.

Melalui Prease Release ini pula, Penyelenggara Syariah Kemenag Bontang, Yarkani juga mengajak umat muslim Kota Taman untuk bersama-sama memanfatakan momen langka ini. Pasalnya, dalam setahun hanya terjadi selama dua kali saja. Untuk di Indonesia, Rashdul Kiblat  ini hanya terjadi pada 28 Mei lalu dan 16 Juli pukul 17.27 Wita.

Belum lagi, dengan menggunakan metode ini masyarakat tak perlu mengeluarkan modal sepeser pun. Kata Yarkani, momentum ini bisa dimanfaatkan para takmir untuk mengukur kembali arah kiblat di masjid atau musala yang dikelolanya, atau bisa pula dimanfaatkan secara pribadi untuk memperbaiki arah kiblat di rumahnya masing-masing.

“Namun bila membutuhkan Kemenag untuk diukurkan arah kiblatnya baik di musala atau masjid, bisa bersurat ke kami. Nanti tim dari kami akan mengukurkan menggunakan alat yang sudah teruji kecanggihannya,” pungkas pria yang pernah menjadi Humas Kemenag Bontang itu. (bbg)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button