Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Diskominfotik Bakal Luncurkan e-Fishery 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

Bantu Nelayan Melek Teknologi, Hasilkan Tangkapan Lebih Banyak

BONTANG – Pemerintah melalui Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) bakal mengeluarkan aplikasi pencari ikan berbasis internet yang diberi nama e-Fishery. Aplikasi ini merupakan panduan nelayan yang akan melaut ataupun mencari ikan.

Kepala Diskominfotik Dasuki mengatakan, dengan sudah terpasangnya free wifi di wilayah pesisir Bontang seperti Selangan, Loktunggul, Gusungm dan yang terbaru di Tihi-tihi, diharapkan para penduduk pesisir utamanya yang bekerja sebagai nelayan, dapat lebih melek lagi terhadap kecanggihan teknologi saat ini. Pasalnya, jika nanti aplikasi ini sudah tersedia, para nelayan saat melaut bisa memanfaatkan aplikasi e-Fishery ini untuk membaca gelombang, melihat perkiraan cuaca, kecepatan angin di laut, serta spot-spot mana saja yang di dalam laut terdapat banyak ikannya dengan memanfaatkan sensor plankton.

“Kami masih menunggu di anggaran perubahan. Semoga saja bisa terealisasi tahun ini,” ungkapnya Sabtu (21/7) kemarin.

Jika nanti aplikasi ini sudah dimanfaatkan oleh para nelayan, nantinya akan membantu nelayan untuk menghasilkan tangkapan lebih banyak, serta bisa lebih waspada dalam masalah keamanan di laut. Pasalnya jika diperkirakan akan timbul cuaca yang cukup ekstrim, para nelayan yang memanfaatkan aplikasi ini akan segera mengurungkan niatnya sementara untuk tidak melaut sampai benar-benar cuaca dalam keadaan baik.

“Rencananya aplikasi ini akan dibagikan secara gratis dan dapat dioptimalkan oleh para nelayan,” pungkasnya. (bbg)