Bontang

1.627 Orang Terima Kartu Keluarga Sejahtera

Pemkot Berharap Bantuan Membuat Makin Mandiri 

BONTANG- Pemkot Bontang menyalurkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Non Tunai kepada 1.627 warga tidak mampu, di wilayah Kecamatan Bontang Barat. Bantuan berupa kartu ATM ini, telah diisi sebesar 1 juta rupiah.  Kartu ini disebut dengan Kartu Keluarga Sejahtera.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Bontang, Neni  Moerniaeni di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Bontang Barat, Kamis (3/8) pagi. Adapun bank yang ditunjuk dalam penyaluran bantuan ini adalah Bank BNI.

Dalam sambutannya, Neni mengatakan bahwa bantuan ini adalah upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Uang yang diberikan bertujuan agar masyarakat terbantu dalam keberlangsungan hidupnya.

“Ini adalah bentuk perhatian pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup bapak ibu sekalian. Bisa dijadikan modal untuk berusaha, seperti jual kue atau beli bibit tomat kemudian ditanam, nanti hasilnya bisa dijual kemudian uangnya ditabung kembali di bank,” jelas Neni.

“Intinya bagaimana uang bisa dikelola sehingga yang tadinya miskin bisa mandiri,” lanjutnya.

Kemudian ia juga menyampaikan meski APBD Bontang saat ini tidak banyak, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi pemerintah untuk berhenti mensejahterakan masyarakat.

“Meski tidak menggunakan APBD, berbagai hal tetap diupayakan, kemarin masyarakat tidak mampu, seperti nelayan, asisten rumah tangga  dan lainnya diikutkan asuransi mandiri oleh BPJS. Sehingga nanti jika ada kecelakaan kerja tidak perlu khawatir,” jelas Neni.

Ia pun melontarkan keberatannya, terhadap kemiskinan yang kerap menjadi alasan masyarakat untuk tidak menyekolahkan anak-anaknya.

“Saya tidak mau kemiskinan jadi alasan ibu dan bapak untuk tidak menyekolahkan anak-anak. Sekolah SD-SMA sekarang gratis. Jadi tidak perlu khawatir bagaimana cara beli seragam, buku, sepatu sekolah, karena pemerintah akan menggratiskan. Bontang itu tidak kaya, jadi sumber daya manusia kita harus unggul,” lengkapnya.

Sebelum menutup sambutannya, Neni berharap bantuan ini bisa digunakan semaksimal mungkin. Harapannya, tidak ada orang miskin lagi di Kota Bontang. “Selamat berusaha dan selamat berwirausaha,” tutupnya.  (hms8)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button