Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Sempat Tertunda, Tiga Kepala Dinas Baru Dilantik 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA –  Roda mutasi kembali bergulir di masa kepemimpinan Bupati Kutim Ismunandar dan Wakilnya Kasmidi Bulang. Jumat (4/8) kemarin, 111 pegawai yang dimutasi dilantik di Kantor Bupati.

Pada rotasi kali ini, ada tiga posisi kepala dinas yang diisi pejabat baru. Antara lain adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) yang diisi Darius Jiu Dian, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) diduduki Desman, dan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dijabat oleh Musyaffa. Sementara selebihnya adalah jabatan administrator dan pengawas.

Sebenarnya, tiga kepala dinas yang dilantik kemarin merupakan hasil lelang jabatan yang digelar Pemkab beberapa waktu lalu. Mereka bertiga merupakan peserta lelang dan terpilih menjadi kepala dinas, hanya saja pelantikannya sempat ditunda. Pasalnya, waktu pergantian jabatan berada di posisi yang ‘cukup tanggung’. Ada beberapa alasannya, pertama pejabat sebelumnya yang akan diganti sudah dekat dengan masa pensiun. Ada pula terkait dengan persoalan administrasi.

“Kepala dinas yang dilantik hari ini memang dari hasil (lelang jabatan) sebelumnya. Karena sesuai aturan harus seperti itu, mana boleh dilanggar,” kata Ismunandar ditemui usai melantik pejabat.

Ismunandar mengatakan, saat ini posisi jabatan yang kosong di pemkab secara perlahan akan terisi dengan adanya pelantikan tersebut. Disinggung jika rotasi ini terkesan mendadak, Ismu mengatakan persiapan sudah dilakukan jauh hari. “Nanti akan ada susulan lagi,” ucap dia.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kutim Zainuddin menambahkan, kabar pelantikan yang mengejutkan tersebut memang disengaja, supaya tidak membuat ribut lingkungan pemerintahan.

“Sebab sebelumnya pernah diumumkan ketika akan ada pelantikan jabatan. Jadinya orang-orang ribut di mana-mana. Bahkan sebelum acara pelantikan, banyak yang melemparkan berbagai pertanyaan. Itu tidak baik. Makanya lebih aman kami surprise saja,” pungkasnya. (hd)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca