Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]
Breaking News

Rawan Masalah, Kades Butuh Dilatih 

Agar Paham Tugas dan Fungsi

SANGATTA- Seluruh Kepala Desa (Kades) diminta untuk kembali diberikan pelatihan ekstra. Ini dimaksud untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya tersangkut dalam masalah korupsi.

Diketahui, pemerintah desa kali ini cukup banyak mendapatkan sumber anggaran. Tidak hanya dari Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa, (ADD) saja, akan tetapi program 2-5 miliar dan sumber dana lainnya.

“Jangan sampai mereka (Kades) kena masalah. Untuk itu diperlukan pelatihan. Meraka harus dilatih. Jadi nanti gandeng instansi terkait seperti inspektorat,” pinta Assisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mugeni.

Pelatihan yang dimaksud ialah, penajaman pemerintahan desa, kepemimpinan, konsep perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan, pelaporan umum dan pertanggungjawaban, serta kedisiplinan dan lainnya.

“Dengan begitu, nantinya tidak hanya berfungsi menguasai semua tentang desa, namun terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun tidak melakukan, tetapi jika manajemennnya buruk, maka bisa saja tersangkut kasus,” katanya.

Hal senada juga diutarakan Sekda Irawansyah. Pelatihan ini memang laik dilaksanakan. Sehingga Kades mengerti tugas dan fungsinya.

“Laporan keuangan desa harus benar-benar sesuai. Untuk itu harus diberikan pelatihan. Jadi bisa dianggarkan untuk pembinaan,” katanya. (dy)

Tags

Related Articles

Comment

Back to top button