Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Vaksin Campak dan Rubella Gratis 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Dinas Kesehatan – Keluarga Berencana (Diskes-KB) di Agustus ini akan memberikan vaksin campak dan rubella gratis kepada semua anak yang berusia 6 bulan hingga di bawah usia 15 tahun.

“Program ini serentak dari pusat se-Indonesia. Namun untuk berapa jumlah vaksin dan teknisnya di lapangan lebih lanjut baru akan kami rapatkan, Senin (7/8) besok,” kata Kadiskes Indriati As’ad belum lama ini.

Dia menjelaskan, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi yang menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi campak dan rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit ini, berisiko tinggi tertular.

“Apabila menulari ibu hamil, maka dapat mengalami keguguran maupun kecatatan pada bayi yang dilahirkan,” kata Indriati.

Dirinya pun mengimbau kepada orang tua yang masih memiliki anak 6 bulan hingga sebelum 15 tahun untuk segera divaksin apabila program tersebut sudah berjalan. Sehingga diharapkan, kedepan anak-anak Bontang tidak ada yang terkena penyakit campak dan rubella .
“Dari MUI juga sudah mengeluarkan fatwa nomor 4 tahun 2016 yang mengatakan bahwa imunisasi mubah (boleh). Jadi tak perlu ragu,” ujar Indriati.

Sebagai informasi penyakit campak dan rubella atau CRS (Congenital Rubella Syndrome) adalah suatu inveksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Meskipun campak dan rubella tidak terlalu berbeda, keduanya mudah menular dengan  hanya bersin atau batuk, sehingga membuat penyakit ini tergolong penyakit yang mudah menular.

Pemerintah Indonesia telah  berkomitmen untuk menghilangkan penularan dan populasi virus campak dan rubella di tahun 2020. Hanya dengan imunisasi rutin saja tidak akan cukup untuk menghilangkannya. Sehingga diperlukan gebrakan kegiatan vaksinasi tambahan berskala nasional.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca