Bontang

Calhaj Bontang Bertolak ke Makkah

BONTANG – Usai menjalani serangkaian ibadah Salat Arbain selama 40 waktu atau 8 hari di Madinah, Jumat (12/8) lalu calon jemaah haji Bontang langsung bertolak ke Makkah. Usai salat Jumat, jemaah langsung berangkat menggunakan bus dengan waktu perjalanan kurang lebih 6 jam. Namun sebelum ke Makkah, jemaah terlebih dahulu menuju Bir Ali untuk berniat umrah dan berpakaian ihram.

Petugas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Kloter 4 embarkasi Balikpapan Tasnim Muin mengatakan, sebelum keberangkatan segala persiapan telah dilakukan. Di antaranya seluruh koper diturunkan Jumat pagi sebelum Jumatan, ketua rombongan (karom) mengkoordinir jemaah dan koper masuk ke dalam bus masing-masing. Karom mendata anggotanya yang membutuhkan kursi roda untuk thawaf dan sai, dan ber-miqat mengambil niat umrah di Bir Ali.

“Paspor sudah siap di Muassasah. Di Bir Ali nanti diberi kesempatan turun ke Masjid Dzulhulaifah untuk salat paling lama 45 menit,” terang Tasnim.

Ditambahkan petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Bontang Taufik Idris, saat di Madinah lalu, jemaah kloter 4 termasuk Bontang juga telah menyerahkan pembayaran uang Dam Haji Tamattu’ yang diserahkan dari anggota regu (karu) ke karom untuk disampaikan ke ketua kloter. “Satu orang jemaah dikenakan Dam 400 real,” kata mantan Kabag Sosial dan Ekonomi Setda Bontang itu.

Petugas TPHI Tasnim menjelaskan, uang Dam ini nantinya dibelikan hewan berupa kambing untuk dipotong. Ini dilakukan karena semua calhaj kloter 4 mengambil haji Tamattu’, yaitu melaksanakan umrah terlebih dahulu baru haji.

“Pemotongan hewannya bisa dilakukan setelah umrah dilaksanakan. InsyaAllah jemaah akan dibawa ke tempat pemotongan untuk menyaksikan sendiri hewan Dam nya dipotong,” tandasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 145 jemaah calhaj Bontang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4 embarkasi Balikpapan bersama 32 jemaah dari Balikpapan, 100 jemaah Kutai Barat, dan 173 jemaah Kutai Timur.

Mereka terbang Rabu (2/8) lalu dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan sekira pukul 21.00 Wita menggunakan Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 4104. Dijadwalkan, jemaah akan kembali ke tanah air Selasa (12/9) dan sampai ke Bontang keesokan paginya, Rabu (13/9) mendatang. (bbg)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button