Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Semua Kecamatan Budidayakan Singkong

Published

on

Dibaca normal 2 menit

Pemkab Terus Kuatkan Kerja Sama dengan Indofood

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) bertekat untuk terus mengembangkan komoditas singkong. Bahkan ditargetkan, seluruh kecamatan dapat membudidayakan tanaman yang mudah dirawat itu.

Bupati Kutim Ismunandar mengakui, saat ini dua kecamatan yakni Kaubun dan Rantau Pulung sudah menikmati hasil dari budidaya singkong. Sebab, hasil panen petani langsung akan dibeli oleh perusahaan besar yakni PT Indofood.

“Bukan hanya membeli, petani juga dibantu mesin pencacah singkong. Beberapa waktu lalu sudah ada tim yang berangkat untuk memastikan berapa kapasitas mesin pencacah yang akan diberikan,” ucap Ismu.

Dengan adanya bantuan mesin ini, lanjut dia, petani akan mudah mengolah singkong menjadi gaplek. Kemudian, hasil olahan itulah yang selanjutnya dibeli perusahaan.

“Sejauh ini, fokus kami memang Kaubun dan Rantau Pulung. Karena dua daerah ini sudah menghasilkan panen singkong. Tapi beberapa daerah lain sedang kami inventarisir. Targetnya semua kecamatan akan siap membudidayakan singkong,” tuturnya.

Ismu menambahkan, jenis singkong yang akan dikembangkan tidak hanya pada singkong gajah saja. Namun, juga dicoba pada varian lain.

“Kemarin saya dapat laporan ada jenis lain yang bisa panen lebih cepat dari singkong gajah. Waktunya sekitar empat sampai lima bulan. Nah, sekarang tengah coba dikembangkan,” aku Ismu.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengaku, Pemkab saat ini tengah menggalakan pengembangan komoditi pertanian. Karena, jika dilihat hasilnya justru dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Oleh karena itu kepada Camat maupun Kades diharapkan dapat menginventarisir dan segera melaporkan lahan di wilayahnya yang masih belum tergarap oleh perkebunan. Sehingga, bisa diambil alih pemerintah untuk dimanfaatkan dalam mengembangkan sektor pertanian.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca