Breaking News

Bupati Wacanakan Buat Sayembara Lingkungan Terbersih

SANGATTA – Untuk menyemarakan peringatan Hut Kutai Timur (Kutim), Bupati Ismunandar mewacanakan bakal menggelar sayembara penilaian lingkungan terbersih di wilayah Sangatta. Rencananya proses penilaian akan dilakukan mulai dua bulan, sebelum puncak peringatan HUT Kutim, 12 Oktober mendatang.

“Nanti di bawah Asisten II dibentuk tim penilaian kebersihan lingkungan di wilayah kota. Tim ini juga yang nanti membuat kriteria penilaiannya dan langsung turun ke lapangan,” ujar Ismu dalam Rapat Koordinasi baru-baru ini.

Dia menerangkan, digelarnya lomba ini adalah sebagai bagian dari upaya Pemkab Kutim untuk membangun partisipasi masyarakat dalam kebersihan lingkungan. Sebab, selama ini kesadaran untuk mau menjaga lingkungan di wilayahnya sangat kurang. Seperti yang terjadi di sekitar Jalan Dayung beberapa waktu lalu.

“Pengalaman di Jalan Dayung. Begitu banjir pemerintah disalahkan. Padahal kondisi banjir terjadi akibat parit di depan rumah warga yang buntu. Bisa buntu karena malas dibersihkan. Makanya, lewat lomba ini kita ingin bangun kesadaran masyarakat,” akunya.

Ismu juga meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menyiapkan berbagai sarana dan prasarana penunjang. Seperti, tempat sampah, dan kendaraan pengangkutnya. Sebab, jangan sampai kesadaran warga meningkat, namun sarana dan prasarananya justru tidak memadai.

“Sangatta ini kan masuk kawasan ibukota. Jadi kondisinya harus tertata rapi. Terutama soal kebersihan lingkungannya. Jadi tolong dipikirkan,” sebut Ismu. (aj)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button